nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Penumpang Pesawat Turun Gara-Gara Tiket Mahal?

Anggun Tifani, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 08:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 320 2016174 jumlah-penumpang-pesawat-turun-gara-gara-tiket-mahal-Zx3VhfvJmc.jpg Bandara. Foto: Okezone

TANGERANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan, penurunan jumlah penumpang pesawat bukan disebabkan oleh harga tiket yang mahal. Turunnya jumlah penumpang dikarenakan pada bulan Januari hingga Februari masuk dalam low season.

"Setiap tahun itu terus seperti ini, angka penumpangnya turun. Jadi, bukan karena tiket, hanya saja kebetulan berbarengan, tiket naik dengan permintaan penumpang yang rendah dan akan normal lagi pada bulan Maret," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti.

Baca Juga: Kemenhub: Kenaikan Harga Tiket Pesawat Masih Wajar

Menurutnya, penurunan angka penumpang, khususnya di Bandara Soekarno Hatta, terjadi karena adanya faktor Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang belum cair.

"Yang pertama ini, rata-rata penumpang di Bandara Soetta ini adalah pekerja di mana tentunya berkegiatan pemerintahan. Nah, kegiatan itu semua belum dibiayai oleh APBN dan saat ini belum pencairan, masih belum mulai secara penuh penggunaan APBN-nya. Jadi, penumpangnya turun," jelas Polana.

pesawat

Senada dengan Polana, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta, Herson menambahkan, penurunan yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta dapat disebabkan oleh banyak faktor bukan dari faktor tunggal saja.

"Banyak akses buat liburan juga salah satu faktor jadi bukan karena tiket berbayar atau bagasi," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini