nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Buka Peluang Swasta Jual Avtur

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 23:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 11 320 2016607 kagetnya-jokowi-mengetahui-harga-tiket-pesawat-melonjak-tinggi-civqfkDpbT.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan memberikan izin perusahaan lain untuk memasok kebutuhan avtur dalam negeri. Dengan begitu, kata Jokowi, terjadi persaingan harga yang sehat sehingga mampu menekan harga tiket maskapai yang menjadi kompetitif.

 "Kalau ini diterus-teruskan nanti pengaruhnya ke harga tiket pesawat, karena harga avtur itu menyangkut 40% dari cost yang ada di tiket pesawat," ujar Jokowi, dalam acara Gala Dinner 50 Tahun PHRI di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Dia mengaku kaget mengetahui harga tiket maskapai penerbangan yang mengalami kenaikan signifikan. Mahalnya harga tiket itu mendapat keluhan langsung dari Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani.

"Berkaitan dengan harga tiket pesawat, saya terus terang kaget," ujar Jokowi.

Harga tiket pesawat mahal lantaran mahalnya harga avtur dalam negeri yang dimonopoli Pertamina. Bahkan, Jokowi menyebut harga avtur nasional 30% lebih mahal dari harga Internasional.

"Karena monopoli, harga jadi tidak kompetitif, bandingkan harga avtur disitu dengan yang di dekat-dekat lain, terpaut kurang lebih 30-an persen," kata Jokowi.

 sd

Kepala Negara berencana akan memanggil Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati untuk membahas permasalahan harga avtur dalam negeri.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini