Share

Perceraian dan Masalah Pribadi Jeff Bezos Bikin Investor 'Lari' dari Amazon?

Mulyani, Jurnalis · Rabu 13 Februari 2019 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 12 320 2016861 perceraian-dan-masalah-pribadi-jeff-bezos-bikin-investor-lari-dari-amazon-YngVKDzRXq.jpg CEO Amazon Jeff Bezos (Foto: Reuters)

JAKARTA – Belakangan ini banyak rumor-rumor mengenai perusahaan Amazon yang beredar, baik merger maupun drama perusahaan lainnya yang disebabkan oleh CEO Amazon Jeff Bezos. Namun, tampaknya kehidupan pribadi Jeff Bezos tidak menjadi perhatian bagi investor.

Dilansir dari CNN Bussines, para ahli yang memantau saham Amazon mengatakan, mereka tidak khawatir tentang segala permasalahan yang terjadi dengan Jeff Bezos. Seperti pertengkaran Bezos dengan National Enquirer, dan ketika Bezos menuduh ketua AMI, sebuah penerbit tabloid, dari upaya pemerasan karena diduga mengancam akan merilis foto-foto kompromi. Saat itu, AMI mengatakan pihaknya yakin telah bertindak secara sah.

Saham Amazon (AMZN) memang jatuh lebih dari 2% pada penutupan perdagangan Minggu lalu. Namun, saat itu seluruh pasar, termasuk saham teknologi lebih rendah.

Baca Juga: Amazon Cetak Penjualan Rp3.199 Triliun pada 2018

Sementara itu, saham Amazon turun 5% setelah Bezos mengumumkan perceraian dengan istrinya MacKenzie melalui akun twitternya sebulan yang lalu. Penurunan tersebut disebabkan oleh kegelisahan investor tentang perlambatan pertumbuhan penjualan dan rencana Amazon untuk menghabiskan lebih banyak pada investasi baru.

Dengan kata lain, tidak ada kekhawatiran investor terhadap masalah pribadi Jeff Bezos.

Analis menunjukkan bahwa Bezos sedang sibuk selama dekade terakhir dengan kegiatan lain di luar Amazon, dan hal tersebut belum memperlambat perusahaan.

"Bezos adalah seorang individu yang memiliki kapasitas untuk bekerja di berbagai bidang pada saat yang bersamaan. Dia tidak mudah terganggu," kata seorang analis pada D.A Davidson Tom Forte.

amazon

Forte adalah analis Amazon yang paling bullish di Wall Street. Dia memiliki target harga USD2.450 per saham, lebih dari 50% di atas harga saat ini.

"Lihatlah kemampuannya untuk secara bersamaan memajukan Amazon, memiliki Washington Post dan mengembangkan Blue Origin dari awal," kata Forte, merujuk kepemilikan Bezos atas surat kabar DC dan perusahaan roket yang bersaing dengan SpaceX milik Elon Musk. "Itu sama sekali tidak mengurangi kemampuannya untuk menjalankan Amazon."

CEO JAG Capital Management Norm Conley, seorang manager keuangan yang memiliki saham besar di Amazon mengatakan, apa yang terjadi dengan Bezos di kehidupan pribadinya bukan sesuatu yang harus dia pikirkan sepanjang waktu.

"Bezos adalah seorang yang jenius. Dia mungkin pemimpin bisnis terbaik saat ini, tetapi saya cukup yakin dia juga masih manusia. Saya tidak akan menjual saham," kata Conley. "Ini masalah pribadi."

Bezos juga merupakan pemegang saham terbesar di Amazon, dengan lebih dari 16% saham di perusahaan tersebut. Itu berarti bahwa setiap perubahan signifikan di perusahaan tidak mungkin terjadi.

Secara teori, investor Amazon dapat mencoba menggulingkannya jika mereka merasa bahwa Bezos bukan lagi orang yang tepat untuk menjalankan perusahaan. Tapi itu tampaknya sangat tidak mungkin mengingat rekam jejaknya membangun perusahaan menjadi seperti sekarang ini.

Scott Devitt, seorang analis yang mengikuti Amazon untuk perusahaan pialang Stifel dan memiliki target harga USD2.300 pada saham Amazon, mengatakan bahwa drama dengan Enquirer adalah "non-event" untuk pemegang saham.

Devitt mengatakan, dia ragu bahwa konsumen benar-benar peduli tentang siapa yang dikencani Bezos, tidak peduli apa yang orang-orang katakan di Twitter tentang kehidupan cintanya. Penggemar setia akan terus berbelanja di aplikasi Amazon dan di Whole Foods, juga menonton acara favorit mereka di Prime Video.

"Selalu ada kemungkinan sesuatu bertambah besar di media sosial, tetapi itu mungkin tidak akan berdampak pada bisnis. Amazon menyediakan layanan tingkat tinggi bagi para pelanggannya," kata Devitt.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini