nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk Bisnis Avtur, BP-AKR Jadi Kompetitor Pertamina

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 16:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 14 320 2017991 masuk-bisnis-avtur-bp-akr-jadi-kompetitor-pertamina-7N4KL98N7t.jpg Kerja sama BP dan AKR Bangun SPBU (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar swasta diberikan ruang untuk menjual bahan bakar pesawat alias avtur agar harganya bisa lebih kompetitif. Sebab selama ini penjualan avtur hanya dilakukan oleh PT Pertamina (Persero).

Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesomo menyambut baik pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Bersama dengan British Petroleum (BP), pihaknya akan membentuk sebuah perusahaan patungan untuk merambah bisnis tersebut. Perusahaan patungan ini lah yang nantinya akan menjalankan bisnis bahan bakar termasuk Avtur.

"AKR sudah menandatangani joint venture dengan BP. Saat ini sedang tahap persiapan," ujarnya saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (14/2/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Harga Avtur Dihitung Ulang

Namun Hariyanto, enggan menjelaskan secara rinci ketika ditanyakan lebih lanjut mengenai wacana tersebut. Sebab, ada divisi khusus yang disiapkan dan memang berkompeten untuk menjawab mengenai hal tersebut.

"Karena kalau avtur itu PT-nya berbeda sehingga joint venture-nya pun dengan BP tetapi divisi berbeda. Kalau ini retail sedangkan kedua joint venture BP RBP, RBP khusus buat avtur," katanya.

Baca Juga: Pengusaha Setuju Swasta Jual Avtur Saingi Pertamina

Sebagai informasi, belakangan harga tiket pesawat semakin melambung tinggi. Hal tersebut dikarenakan tingginya harga avtur pesawat yang berkontribusi terhadap perhitungan tarif pesawat sebesar 40%.

Oleh karena itu Presiden Joko Widodo pun meminta agar swasta diberikan ruang untuk jualan bahan bakar pesawat. Sehingga harga atur yang selama ini hanya dijual oleh PT Pertamina (Persero) bisa lebih kompetitif.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini