CPNS Diusulkan Wajib Ikuti Penataran Pancasila

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 15 Februari 2019 10:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 15 320 2018269 cpns-diusulkan-wajib-ikuti-penataran-pancasila-sj3Swwk496.jpg PNS (Foto: Koran Sindo)

TANGERANG – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berencana menerapkan penataran Pancasila kepada para calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kebijakan tersebut untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya nilai-nilai tersebut dalam menjalankan pemerintahan. “Harapan kita, calon pegawai negeri sipil (CPNS) itu mendapatkan penataran Pancasila.

Bagaimana birokrasi bisa mengamalkan Pancasila kalau pemahamannya saja tidak ada,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPIP Hariyono saat mengunjungi Kampung Pancasila di Karawaci, Kota Tangerang, kemarin.

Baca Juga: Pemkot Bekasi Pecat Ratusan Pegawai Kontrak

Hariyono menilai, pasca reformasi mata pelajaran atau mata kuliah Pancasila tidak lagi menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk diambil sehingga sangat mungkin di antara CPNS itu ada yang belum menerima mata pelajaran dan mata kuliah Pancasila. “Ini yang jadi tantangan buat kita.

Pesan dewan pengarah adalah bagaimana Pancasila itu harus membumi, termasuk kepada anak-anak milenial,” katanya. Menurut dia, BPIB telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menerapkan mata pelajaran Pancasila dalam kurikulum.

pns

“Kami ingin Pancasila menjadi mata pelajaran dan mata kuliah wajib di dunia pendidikan. Tahun depan, kita sudah sepakat dengan Kemendikbud bahwa tahun ajaran 2019-2020 itu mata pelajaran Pancasila yang kontekstual sudah diterapkan secara keseluruhan,” ujarnya.

Deputi Bidang pendidikan dan Pelatihan Baby Siti Salamah mengaku tengah merencanakan dan menyusun program agar seluruh CPNS juga mendapatkan pembelajaran cara-cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Dia menilai, penataran Pancasila sangat urgen bagi para CPNS. Sebab, tidak sedikit dari mereka yang terindikasi menganut ideologi selain Pancasila.

(Sucipto)

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini