nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tol Bandara Soetta Batal Naik, Ini Faktanya

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 08:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 15 320 2018394 tarif-tol-bandara-soetta-batal-naik-ini-faktanya-m99WP6Sqb4.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA – PT Jasa Marga Tbk baru-baru ini membatalkan kenaikan tarif Tol Prof Dr Ir Soedijatmo yang merupakan ruas tol penghubung Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Berikut beberapa fakta rencana kenaikan tarif Tol Bandara Soetta hingga akhirnya batal dinaikan yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (16/2/2019).

1. Rencana Kenaikan Tarif Tol Bandara Soetta Naik 14 Februari

PT Jasa Marga Tbk kembali akan menyesuaikan tarif ruas tol. Kali ini Jasa Marga akan menaikkan tarif Tol Sedyatmo atau jalan tol penghubung Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kenaikan tarif tol akan diberlakukan pada 14 Februari 2019 hari Kamis jam 00.00," kata Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur.

2. Kenaikan Tarif Tol Bandara Soetta Batal

Kenaikan tarif tol Prof Dr Ir Soedijatmo ditunda. Jasa Marga mengaku akan melakukan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan tol.

Baca Juga: Tarif Tol Bandara Soetta Batal Naik

"Ditunda sampai waktu yang akan diinformasikan kemudian," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk, Irra Susiyanti.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) mengumumkan penyesuaian tarif baru untuk ruas Tol Prof Dr Ir Soedijatmo yang akan diberlakukan pada 6 Februari 2019.

3. Kenaikan Tarif Tol Sebesar Rp500

Tarif Tol Sedyatmo atau jalan tol penghubung Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta naik. Untuk kendaraan golongan I naik Rp500.

Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan, tarif tol untuk golongan awalnya Rp7.000 menjadi Rp7.500. Kenaikan itu, sesuai dengan Undang-undang 38 Tahun 2004 tentang penyesuaian tarif dilakukan 2 tahun sekali dan sesuai dengan laju inflasi.

Baca Juga: Siapkan Uang Segini untuk Sewa Tempat di Rest Area

Penyesuaian ini juga terjadi pada golongan kendaraan yang lain. Seperti golongan II, golongan III, golongan IV dan V.

4. Pelayanan Tol Bandara Soetta

Direktur Operasi II Jasa marga subakti syukur mengatakan, peningkatan pelayanan ruas tol tersebut, seperti adanya kapasitas melalui pekerjaan pembangunan ramp dua interchange penjaringan dengan penambahan satu lajur transaksi pada Gerbang Tol (GT) Kamal satu sepanjang 200 meter.

"Jadi, reposisi serta modifikasi island (pulau tol) GT Kamal satu, sehingga gardu yang saat ini berjumlah tujuh gardu operasi menjadi sembilan gardu operasi dan penambahan satu lajur pada akses tol dari arah Pluit menuju Jalan Tol JORR W1 sepanjang 600 m," ujarnya peningkatan pelayanan dilakukan dengan penambahan tujuh gardu Oblique Approach Booth (OAB), pada GT Cengkareng serta pengoperasian 18 unit mobile reader.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini