nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uber Rugi USD1,8 Miliar pada 2018

Minggu 17 Februari 2019 17:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 17 320 2019169 uber-rugi-usd1-8-miliar-pada-2018-4XDl87M9Eq.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Uber pada Jumat merilis angka-angka pendapatan yang menunjukkan kerugiannya menyempit pada kuartal terakhir tahun lalu. Namun, pertumbuhan pendapatan melambat saat perusahaan jasa transportasi online ini sedang bersiap-siap bersiap untuk debut pasar sahamnya.

Mengutip AFP dari Inews.ID, Minggu (17/2019), kerugian Uber untuk tiga bulan terakhir tahun 2018 mencapai USD865 juta, dibandingkan dengan USD1,1 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini melaporkan pendapatan sebesar USD3 miliar, meningkat 25% dari tahun sebelumnya.

Uber belum menjadi perusahaan terbuka, tetapi secara rutin mengungkapkan beberapa informasi pendapatannya. CEO Uber Dara Khosrowshahi telah berjanji lebih transparan karena ingin mengembalikan kepercayaan publik setelah eksekutif pimpinan sebelumnya tersandung skandal pelecehan seksual.

Pendapatan Uber untuk setahun penuh naik 43% menjadi USD11,3 miliar, dengan kerugian tahunan Uber menyusut 15% menjadi USD1,8 miliar.

Uber mengoperasikan bisnis rideshare di puluhan negara dan telah berkembang ke area baru termasuk pengiriman makanan, skuter listrik, dan sepeda. Perusahaan ini dipandang sebagai perusahaan startup terbesar dengan kapitalisasi nilai usaha sekitar 70 miliar dolar AS.

"Tahun lalu adalah yang terkuat bagi kami, dan Q4 mencetak rekor lain untuk keterlibatan di platform kami," kata kepala keuangan Uber Nelson Chai dalam sebuah pernyataan.

"Bisnis ridesharing kami mempertahankan kepemimpinan kategori di semua wilayah yang kami layani, Uber Freight memperoleh daya tarik yang menarik di AS, JUMP e-bikes dan e-skuter berada di jalan di lebih dari selusin kota."

Berdasarkan pemesanan kotor, Uber Eats tampaknya telah menjadi bisnis pengiriman makanan online terbesar di luar China, menurut Chai.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini