nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perseteruan Apple-Qualcomm Terus Berlanjut, Begini Ceritanya!

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2019 11:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 19 320 2019965 perseteruan-apple-qualcomm-terus-berlanjut-begini-ceritanya-Fjmgp73ov5.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Apple dan Qualcomm terus berseteru. CEO Tim Cook pada awal Januari lalu mengatakan bahwa tidak ada diskusi dan upaya antara Qualcomm dan Apple agar perusahaan bisa berdamai, terutama sejak kuartal III-2018.

Kedua raksasa tersebut memang sedang bertarung di ranah hukum. Apple menuduh Qualcomm melakukan lisensi paten ilegal. Sebaliknya, Qualcomm menuntut Apple tidak membayar kompensasi dengan adil terhadap inovasi mereka, bahkan membagi rahasia dagang ke Intel.

Baca Juga: Dinilai Tangguh, Qualcomm Naikkan Gaji CEO Steve Mollenkop

Meski demikian, pernyataan Cook dibantah Qualcomm. Menurut mereka, dalam 18 bulan terakhir, dalam banyak kesempatan Qualcomm sudah berdiskusi dengan Apple untuk membuka kemungkinan berdamai. Cook menanggapi komentar CEO Steve Mollenkopf pada November 2018 di CNBC.

Baca Juga: Penjualan Apple di China Turun Rp68 Triliun

Mollenkopf saat itu menyebut bahwa Qualcomm sudah berada di jalan yang tepat untuk berdamai dengan Apple. Hal itu yang dibantah Cook. Apple memang menuduh Qualcomm melakukan lisensi paten ilegal untuk menjaga dominasi mereka di pasar modem, yang membuat ponsel bisa terhubung ke internet.

Sebaliknya, Qualcomm menuduh Apple tidak mau membayar inovasi mereka, bahkan membuka rahasia dagang kepada Intel, yang sekarang menjadi supplier utama chip modem untuk iPhone.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini