nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Akurasi Data dalam Pengambilan Kebijakan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 21 320 2021006 pentingnya-akurasi-data-dalam-pengambilan-kebijakan-YdRJaTTBKV.jpeg Sesmenko Perekonomian (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyatakan, akurasi data menjadi hal yang penting dalam pengambilan kebijakan. Terlebih untuk komoditas pangan strategis seperti jagung.

"Kami dari Kemenko Perekonomian sangat penting data dan neraca akurat terkait komoditas pangan strategis, ini penting untuk jadi dasar pengambilan kebijakan. Kita butuh dasar pengambilan kebijakan yang akurat," katanya dalam sebuah diskusi mengenai data jagung di Gedung Kemenko Perekonomian , Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Baca Juga: Harga Jagung Rp6.200 per Kg, Kementan: Hoax

Dia menjelaskan, dalam pengambilan keputusan di lingkungan kementeriannya, hal itu dilakukan dengan sangat hati-hati. Pemerintah mempertimbangkan berbagai hal dalam memutuskan impor atau tidak suatu komoditas.

Susi mengatakan, ada kepentingan yang harus dijaga oleh pemerintah yakni pihak produsen dalam hal ini petani jagung dan pihak konsumen, dalam hal ini masyarakat dan peternak. Pasalnya, jagung menjaga bahan utama pakan ternak.

jagung

"Ini tidak mudah karena ada kepentingan-kepentingan yang berbeda sehingga keputusan yang diambil harus menjaga keseimbangan. Kalau harga terlalu tinggi akan memberatkan peternak dan komponen masyarakat juga," jelasnya.

Dia menekankan, bila harga jagung tinggi maka akan memberatkan konsumen. Sebaliknya, harga jagung yang rendah juga akan berdampak buruk pada petani.

Oleh sebab itu, butuh data yang akurat untuk pihaknya dapat memutuskan sebuah kebijakan yang tepat. "Jadi data dan neraca pangan sangat penting karena harus akurat betul. Karena pengambilan kebijakan adanya di rapat koordinasi yang perlu dibahas lebih dalam," pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini