Menteri Luhut ke Petani Sawit: Jangan Uang Saja tapi Jaga Lingkungan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 28 Februari 2019 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 28 320 2023894 menteri-luhut-ke-petani-sawit-jangan-uang-saja-tapi-jaga-lingkungan-HnOzis3xLd.jpg Foto: Menko Luhut (Taufik Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri pertemuan nasional petani kelapa sawit Indonesia 2019 di Hotel Orchardz Jakarta.

Dalam sambutannya, Luhut bangga dengan petani sawit ini, karena bisa meningkatkan perekonomian Indonesia. Dan juga harus bisa menjaga lingkungan.

"Petani sawit jangan mau uang saja, tapi lingkungan dilupakan. Saya juga bilang ke petani-petani besar, kalian harus kontribusi kepada petani-petani dan koperasi kecil. Kita mau keseimbangan itu jalan. Kita harus lindungi petani kecil," ujarnya, Kamis (28/2/2019).

 Baca Juga: Mendag Lobi India soal Sawit Indonesia

Dia menjelaskan, pabrik kelapa sawit akan dibangun di beberapa daerah di Indonesia dan masih menunggu bahan baku solar hijau (green diesel). Pasalnya ada berapa ratus ribu hektare kelapa sawit di Sulawesi, tetapi pembangunan pabriknya di Pulau Jawa.

"Maka itu, bikin aja di situ. Kalau sampai 300 ribu hektare satu area, bikin di situ, sehingga supply greenfuel di daerah," katanya.

 Baca Juga: Industri Kelapa Sawit Perlu Bentuk Koalisi Berkelanjutan

Dia menambahkan, pemerintah saat ini sedang berupaya untuk membangun inovasi terkait sawit. Agar nantinya tidak ada impor dan bisa mengurangi defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang masih membengkak.

"Seperti adanya pembangunan infrastruktur di daerah-daerah sawit tersebut," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini