nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berangkat dari Manggarai, Penumpang Kereta Bandara Soetta Bakal Penuh 60%

Minggu 03 Maret 2019 21:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 03 320 2025233 berangkat-dari-manggarai-penumpang-kereta-bandara-soetta-bakal-penuh-60-rsHYtHVSF4.jpg Foto: KA Bandara Soetta (Antara)

JAKARTA - Tingkat keterisian kereta Bandara Soekarno-Hatta akan mencapai 60% jika nanti diberangkatkan dari Stasiun Manggarai karena penumpang dari Depok dan Bekasi bisa berangkat dari stasiun itu.

"Kalau perkiraan saya dengan akan diberangkatkan dari Stasiun manggarai maka tingkat keterisian bisa mencapai 60%. Kalau sekarang penumpang yang akan naik kereta bandara harus turun dulu di Stasiun Manggarai lalu melanjutkan ke Stasiun Dukuh Atas," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip Antaranews, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

 Baca Juga: Naik Kereta Bandara Soetta Bisa dari Stasiun Manggarai Mulai Maret

Menhub belum bisa memastikan mulai kapan kereta Bandara Soekarno-Hatta akan bisa diberangkatkan dari Stasiun Manggarai. "Tanggal persisnya saya belum tahu, tapi seharusnya Maret ini sudah bisa dilaksanakan," kata Menhub.

Dikatakan Menhub, perbaikan kualitas kereta Bandara juga bus Bandara merupakan langkah yang dilakukan ppemerintah agar masyarakat meu menggunakan angkutan massal tidak lagi bergantung dengan angkutan individu, yang pada akhirnya bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan raya.

Nantinya jalur kereta Bandara Soetta, kereta jarak jauh dan KRL akan memiliki lintasan sendiri-sendiri di stasiun Manggarai. Sehingga sistem antrean jalur yang sering terjadi di Stasiun Manggarai bisa dikurangi.

 Baca Juga: KA Bandara Soetta Sepi Penumpang, Ini Alasan KAI

Belum optimalnya infrastruktur pendukung operasional disebut menjadi salah satu sebab rendahnya okupansi kereta Bandara Soetta. Salah satunya adalah belum beroperasinya kereta dari stasiun Manggarai.

Untuk meningkatkan okupansi kereta bandara, pihaknya juga melihat peluang mengambil akses dari stasiun Depok. Namun keterbatasan infrastruktur membuat hal ini masih dalam kajian.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini