nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebih Mendesak Mana Bangun Rumah untuk PNS atau Milenial?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 16:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 08 470 2027461 lebih-mendesak-mana-bangun-rumah-untuk-pns-atau-milenial-cFiR9Qabgt.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Pemerintah pada tahun ini akan membangun hunian khusus untuk generasi milenial dan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun PNS. Rencanannya perumahan tersebut akan dibangun mulai tahun ini.

Namun, pembangunan keduanya tidak bisa dilakukan secara bersamaan dan sekaligus. Pasalnya, anggaran yang tersedia juga sangat terbatas jika harus membangun hunian untuk keduanya.

Berdasarakan data dari Kementerian PUPR< anggaran untuk perumahan di 2019 sendiri hanya sekitar Rp7,819 triliun. Angka ini tidak bisa mengkomodir kebutuhan anggara untuk pembangunan hunian khusus untuk generasi milenial dan juga ASN secara bersamaan.

"Alokasi yang ada enggak sesuai dengan target. Enggak 10% malah. Tidak semudah itu kalau negara punya uang kita akan bangunkan semua," ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

 Baca Juga: Ada Rumah Subsidi PNS, Jangan Lupakan UMKM!

Lantas manakah yang lebih mendesak dan harus dijadikan prioritas? Rumah khusus untuk PNS atau generasi milenial?

Khalawi menjelaskan, memang jika melihat mana yang lebih mendesak pembangunan hunian khusus milenial jauh lebih penting dan harus segera dilakukan. Mengingat saat ini jumlah milenial mencapai 80 juta dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia.

Jika tidak difasilitasi seluruhnya, maka ada kemungkinan angka backlog bisa terus bertambah. Saat ini berdasarkan data Real Estate Indonesia (REI) angka backlog mencapai 11,4 juta rumah.

 Baca Juga: 100.000 Generasi Milenial Diprediksi Beli Rumah Tahun Ini

Angka tersebut bisa terus bertambah seiring bertambahnya tahun. Berdasarkan perkiraan pengembang, angka backlog bisa naik setiap tahunya sekitar 1 juta rumah.

"Tapi memang milenial itu lebih mendesak dari itu (ASN, TNI dan Polri) karena jumlah milenial jumlah mencapai 80 juta," ucapnya.

 Baca Juga: Milenial Mau Punya 2 Rumah Sekaligus? Begini Tipsnya!

Namun lanjut Khalawi, saat ini pihaknya akan fokus untuk menyediakan hunian khusus ASN, TNI dan Polri. Menurutnya, penyediaan rumah khsuus ASN,TNI Polri juga sama mendesaknya meskipun secara kebutuhan masih lebih penting penyediaan khusus milenial.

"Tapi nanti (rumah khusus generasi milenialnya) kita akan fokus kepada ASN, TNI dan Polri dulu," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini