Tinjau Bandara Kulonprogo, Menhub: Konektivitas Borobudur Segera Terwujud

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 13 320 2029402 tinjau-bandara-kulonprogo-menhub-konektivitas-borobudur-segera-terwujud-A5IndnIPrT.jpeg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Okezone

YOGYAKRTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta. Menhub menilai bandara ini bisa membantu konektivitas Borobudur.

"Saya lihat progersnya cukup bagus dan mudah-mudahan bisa segera selesai, karena bandara ini akan menjadi andalan bagi wisata Yogyakarta, terutama konektivitas Borobudur," kata Menhub, Rabu (13/3/2019).

Baca Juga: Progres Bandara NYIA Kulonprogro Capai 76,5%

Pantauan di lapangan tampak pengerjaan terus dilakukan bukan hanya runway melainkan terminalnya yang terus dikebut. Beberapa lampu runway juga sudah terpasang dan fasilitas pendukung sudah terlihat mulai dibuat.

"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, saya ingin Bandara ini segera beroperasi. Karena memang kebutuan yang sudah sangat mendesak," Tegasnya.

Diketahui, New Yogyakarta International Airport (NYIA), kadang juga disebut Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau Bandar Udara Kulon Progo yang terletak di Kabupaten Kulon Progo direncanakan akan menggantikan Bandar Udara Internasional Adisutjipto yang sudah tidak mampu lagi menampung kapasitas penumpang dan pesawat.

Budi Karya

Bandar udara tersebut berdiri di tanah seluas 600 hektar dan diperkirakan menelan biaya Rp6 triliun. Bandara tersebut akan memiliki terminal seluas 106.500 meter persegi dengan kapasitas 10 juta penumpang per tahun.

Selain itu, bandar udara tersebut diperkirakan bakal memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi yang direncanakan bakal sanggup menampung hingga sebanyak 28 unit pesawat.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini