nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Tukang Batu Taat Bayar Pajak Sentuh Hati Sri Mulyani

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 17:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 14 20 2030028 cerita-tukang-batu-taat-bayar-pajak-sentuh-hati-sri-mulyani-KqhVC4u1rr.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menceritakan tentang seorang ibu pengrajin batu bata di salah satu desa Ponorogo, Jawa Timur yang taat membayar pajak. Hal tersebut menyentuh hati Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan.

"Jadi, ibu itu bernama Yuliani, dia berkata 'saya membayar pajak adalah bagian dari kewajiban saya untuk mengembalikan apa-apa yang menjadi hak ibu pertiwi. Saya dan keluarga saya dapat hidup dari kekayaan alam yang saya dapat olah. Sudah sepantasnya sebagian kecil hasil yang saya dapat saya kembalikan kepada yang punya'," ujar Mardiasmo di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Kamis (14/3/2019).

 Baca Juga: Pentingnya Pajak Jadi 'Senjata' Pertumbuhan Ekonomi

Mardiasmo menambahkan, hal ini disampaikan secara lugu dan jujur. Maka ini harusnya juga bisa diberikan penghargaan kepada yang bersangkutan.

"Memang membayar pajak jadi kewajiban kita semuanya. Namun demikian untuk bisa meresapi. Ibu ini sudah sampai esensi terhadap membayar pajak sebagai wajib pajak," tuturnya.

 Baca Juga: Ada Rp1.300 Triliun Aset WNI di Luar Negeri yang Belum Dilaporkan

Dia menuturkan, pihaknya ingin agar betul-betul waktu bayar pajak dengan ikhlas. Maka dalam upayakan itu DJP mencoba untuk bagaimana menggali potensi pajak baik yang diect dan indirect melalui kajian yang ilmiah.

"Saya kira dari awal itu mustinya nyambung. Karena ada yang dari akademisi perguruan tinggi. Itu ada pengajaran penelitan dan pengabdian masyarakat. Seluruh fakultas ekonomi yang punya jurusan perpajakan sebagai pengabdian tridarmanya saya kira research itu bisa dilakukan dan sosialisaikan di bidang perpajakan karena backbone APBN itu berasal dari perpajakan," ungkapnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini