nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamenkeu Ungkap 4 Strategi Tingkatkan Kesadaran Bayar Pajak

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 17:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 20 2030036 wamenkeu-ungkap-4-strategi-tingkatkan-kesadaran-bayar-pajak-pJJ5N3HAJm.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menyatakan, ada beberapa strategi pemerintah agar masyarakat taat membayar pajak.

"Strategi pertama kita tingkatkan strategi pajak yang terstandarisasi di kantor DJP karena kalau sudah standar level of service sudah sama. Kalau begitu kita ingin yang lebih baik walau prinsipnya pajak di Indonesia menganut self assessment. Kalau sudah patuh dia sukarela," ujarnya di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Kamis (14/3/2019).

 Baca Juga: Cerita Tukang Batu Taat Bayar Pajak Sentuh Hati Sri Mulyani

Kedua, lanjut dia, peningkatan pemeriksan dan penegak hukum untuk sangsi. Lalu ketiga edukasi perpajakan yang duperluas atau tax awareness menyasar wajib pajak masa depan dengan literasi keuangan terkait fungsi pajak bagi kesejahteraan bangsa.

"Itu agar fungsi pajak mensejahterkaan bangsa bukan untuk pejabat Kemenkeu tapi untuk Ibu Pertiwi masyarakat luas," ungkapnya.

Sehingga, lanjut dia memnggungah kesadaran bela negara melalui budaya bayar pajak. Jadi bela negara tidak hanya bentuk fisik. "Menurut Kementerian Keuangan itu bagaimana bayar pajak dengan budaya sukarela," katanya.

 Baca Juga: Ada Rp1.300 Triliun Aset WNI di Luar Negeri yang Belum Dilaporkan

Dia menuturkan, untuk terakhir yakni internal Kementerian Keuangan mengelola pajak dengan kode etik yang diakui.

"Kita sering mendengar efektifitas supaya yang dilakukan walau kita sudah klaim reformasi perpajalan untuk tingkatkan Wajib Pajak (WP). Ini sudah kita lakukan semua tapi ada lompatan supaya kita bisa tingkatkan WP dengan melakukan kajian research dengan karakterisitik akademis yang baku sebagai alternatif cara menjawab berbagai persoalan masyarakat," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini