nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BEI: 3 Startup IPO Tahun Ini

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 18:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 20 278 2032728 bei-3-startup-ipo-tahun-ini-vDemlTqeg8.jpg Foto: 3 Startup IPO Tahun Ini (Yohana/Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan akan ada tiga perusahaan rintisan atau startup yang akan melakukan pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada tahun ini. Ketiganya merupakan startup binaan inkubator BEI.

"Saat ini ada 69 perusahaan (startup) binaan BEI. Di mana akan ada 3 startup yang IPO pada tahun ini," kata Direktur Penilaian Perusahan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Meski demikian, Nyoman tak menjelaskan lebih lanjut soal aksi koorporasi yang akan dilakukan ketiga perusahaan itu.

 Baca Juga: Bujuk Unicorn IPO, BEI Sudah Bertemu Go-Jek, Tokopedia dan Bukalapak

Dia menjelaskan, inkubator BEI merupakan upaya untuk mendorong startup Indonesia bisa melantai di bursa. Selain itu, upaya lainnya dengan merubah peraturan 1-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham.

Salah satu yang diubah adalah alternatif persyaratan aset berwujud bersih (net tangible assets) di Papan Pengembangan, berupa laba usaha dan kapitalisasi pasar, atau pendapatan usaha dan kapitalisasi pasar. Alternatif tersebut mendukung pencatatan saham perusahaan yang memiliki karakteristik tertentu, antara lain industri kreatif dan startup.

"Jadi BEI sangat mengharapkan bahwa kontribusi bukan dari perusahaan yang sudah mature (besar), tapi juga startup digital kami berikan kesempatan," katanya.

 Baca Juga: Perbanyak Unicorn, Ini Lembaga yang Cocok Kelola Dana Riset Abadi

Saat ini sudah terdapat startup binaan BEI yang berhasil melantai di bursa. Emiten itu yakni Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) yang resmi IPO pada Oktober 2018. Perusahaan ini bergerak di jasa penyewaan modem wifi untuk perjalanan ke luar negeri, produknya bernama Passpod.

YELO pun sekaligus menjadi startup pertama dari inkubator BEI yang berhasil IPO. Saat itu YELO melepas 130 juta lembar saham baru atau 34,21% dari modal ditempatkan dengan harga penawaran Rp376 per lembar.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini