nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Revolusi Industri 4.0, BUMN Dorong Peningkatan Kualitas SDM

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 22:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 21 320 2033322 revolusi-industri-4-0-bumn-dorong-peningkatan-kualitas-sdm-22rI3FhSdB.jpg Foto: Menteri BUMN Rini Soemarno (KBUMN)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya. Namun pengembangan itu harus disesuaikan dengan pengembangan zaman untuk memenuhi kebutuhan industri di masa mendatang.

Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengahadapi revolusi industri 4.0. Dalam menghadapi industri 4.0 perlunya peningkatan kualitas SDM.

"Kebutuhan akan SDM yang berkualitas akan semakin meningkat dari tahun ke tahun jadi pengembangan diri sangatlah penting untuk bisa bersaing. Itu tidak hanya memberikan manfaat kepada diri sendiri tetapi juga bagi pembangunan daerah," ujarnya lewat keterangan tertulis, Kamis (21/3/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Aas Asikin mengatakan, pihaknya sangat mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Apalagi, BUMN dituntut tidak hanya mencari keuntungan tapi juga ikut serta dalam membangun negeri.

 Baca Juga: Pemanfatan Teknologi Bantu IKM Bersaing di Era Industri 4.0

Seperti diketahui, Kementerian BUMN, pada 2018 lalu laba bersih yang dikantongi seluruh perseroan, termasuk kontribusi Pupuk Indonesia, mencapai Rp188 triliun. Pencapaian itu tumbuh tipis 1,07% dari Rp186 triliun pada 2017.

"Raihan itu pun tidak sepenuhnya digunakan untuk kepentingan perusahaan tetapi juga disumbangkan untuk berbagai kegiatan yang menyentuh langsung di masyarakat," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan pembiayaan untuk pembangunan ruang kelas dan asrama santriwati di Pesantren Nihayatul Amal. Perseroan juga akan menyediakan fasilitas belajar seperti lab komputer dan bahasa yang lengkap.

"Salah satunya ialah membantu renovasi kantin Unsika yang sebelumnya dinilai masih kurang baik," ucapnya.

Tidak hanya berbagi melalui penyerahan bantuan, Kementerian BUMN bersama Pupuk Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan BUMN Goes to Campus di Universitas Singaperbangsa Karawang yang diramaikan lebih dari 2500 mahasiswa.

Baca Juga: Sektor Transportasi Indonesia Sambut Revolusi Industri 4.0

Dalam acara Goes to Campus itu juga , juga diberikan sertifikat kepada perwakilan mahasiswa peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dan Kelas Terampil. PPMB ini sendiri merupakan program inisiasi BUMN dengan Universitas Singaperbangsa dan sudah diikuti 110 mahasiswa.

Pogram ini bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga dapat bersaing di dunia kerja nantinya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan secara lebih dalam lagi tentang peran perusahaan-perusahaan negara dalam membangun negeri.

Dirinya juga berharap dengan diselengarakannya kegiatan itu, para mahasiswa yang didominasi generasi milennial bisa lebih mengenal perusahaan-perusahaan negara dan mengetahui apa saja peran yang telah dikerjakan selama ini.

"Dalam rangka ulang tahun BUMN ke-21, kami sebagai BUMN ingin berbagi. Tugas kami bukan saja mencari keuntungan tapi juga untuk dapat langsung berbagi," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini