nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri PUPR ke Pejabat BP Tapera: Tanggung Jawab Kelola Uang Rakyat!

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 20:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 29 470 2036841 menteri-pupr-ke-pejabat-bp-tapera-tanggung-jawab-kelola-uang-rakyat-97jKGKqZvR.jpg Foto: Menteri PUPR dan Menkeu Sri Mulyani (Giri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menitipkan pesannya kepada lima pejabat Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Pesan tersebut dia sampaikan usai pelantikan yang dilakukan pada hari ini.

Menurut Basuki, BP Tapera memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Tanggung jawab pertama yang ia titipkan adalah bagaiman BP Tapera bisa membangun kredibilitasnya.

Apalagi menurutnya, BP Tapera bertanggung jawab atas uang rakyat yang besar. Wajar saja karena BP Tapera merupakan peleburan dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum PNS).

"BP Tapera harus bisa bangun kredibilitas. Ini kan mengelola uang rakyat besar. Itu pesan besar," ujarnya usai melantik pejabat BP Tapera di Kantornya, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

 Baca Juga: 5 Pejabat BP Tapera Resmi Dilantik, Ini Daftarnya

Sementara itu, Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, dalam tiga bulan pertama tugas berat menanti komisioner yang baru dilantik. Pertama, menyiapkan pondasi BP Tapera yang efisien dan produktif guna menjalankan kebijakan di bidang perumahan. Kedua, menyiapkan mekanisme pengelolaan sumber daya manusia dan pengelolaan keuangan.

"Mekanismenya bagaimana itu yang akan kita sempurnakan. Agar dana yang kita kelola cukup dalam jangka panjang," ucapnya.

Sebagai gambaran, anggota Bapertarum PNS sendiri sudah mencapai 6,7 juta baik yang masih aktif maupun yang telah pensiun. Adapun total dana yang dikelola mencapai Rp12 triliun.

Sedangkan sebagai modal awalnya BP Tapera akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2,5 triliun. Adapun rinciannya adalah sebesar Rp2 triliun untuk modal operasional dan Rp500 miliar untuk capex.

"Itu yang harus kita kelola secara cukup, tepat waktu dan tepat kelola," ucapnya.

 Baca Juga: Menteri Basuki: Pejabat BP Tapera Dilantik Jumat Ini

Sebagai informasi, anggota komisioner BP Tapera terdiri atas lima orang. Selain Komisioner, ada empat deputi komisioner yang membawahi bidang berbeda-beda.

Pertama, Eko Ariantoro sebagai Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera. Gatut Subadio sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera.

Kemudian, Ariev Baginda Siregar sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera. Dan, Nostra Tarigan sebagai Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi.

Pengangkatan kelimanya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini