Menteri Jonan: Masih Ada 160 Ribu Kepala Keluarga yang Belum Nikmati Listrik

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 02 320 2038131 menteri-jonan-masih-ada-160-ribu-kepala-keluarga-yang-belum-nikmati-listrik-UmAz2Cii4X.jpeg Menteri ESDM Ignasius Jonan. Foto: Taufik/Okezone

JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menghadiri forum diskusi energi untuk kedaulatan negeri di Soehana Hall Energy Building SCBD, Jakarta. Dalam sambutannya, Menteri Ignasius Jonan mengatakan bahwa masih ada ratusan ribu Kepala Keluarga (KK) di Indonesia yang belum memiliki sambungan listrik.

"Sambungan listrik ke rumah-rumah ini memerlukan biaya Rp550 ribu dan masih ada 160 ribu kepala keluarga yang tidak mampu untuk membiayai hal tersebut," ujarnya, Selasa (2/4/2019).

Baca Juga: Infrastruktur Jadi Kendala Penuhi Target Elektrifikasi 99,9%

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya ingin pemerintah daerah bisa membantu lewat dana APBD untuk penyambungan listrik kepada kepala rumah tangga yang tidak mampu tersebut.

"Karena yang belum tersambung listrik itu bukan hanya di Papua saja, tapi di Pulau Jawa juga ada," tutur dia.

listrik

Salah satu contoh, tutur dia, yang belum tersambung listrik yakni di Pulau Panjang Provinsi Banten, di mana ada sekitar 160 kepala rumah tangga yang tidak mampu untuk penyambungan listrik.

"Kami langsung memberikan penyambungan listrik secara gratis. Lalu ada juga di daerah Jawa Timur yang masih belum tersambung listrik dan kita akan terus mengurusi hal ini," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini