Cerita Menteri Jonan RI Kuasai Blok Rokan hingga Freeport

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 14:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 02 320 2038231 cerita-menteri-jonan-ri-kuasai-blok-rokan-hingga-freeport-mf6Zefe4eD.jpg Foto: Menteri ESDM Ignasius Jonan (Okezone)

JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, sektor energi mencatat hal positif di tengah gejolak ekonomi global yang kurang menguntungkan. Di mana pada sektor energi ini bisa menyumbang lebih dari separuh penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Dari sektor energi, PNBPnya mencapai Rp217,5 triliun atau 181% dari target APBN pada tahun 2018 Ialu," ujarnya di Kawasan SCBD Jakarta, Selasa (1/4/2019).

 Baca Juga: Indonesia Resmi Kuasai 51% Saham Freeport, Presiden Jokowi: Ini Momen Bersejarah

Sementara itu, Jonan berharap kepemilikan Blok Mahakam dan Blok Rokan ke PT Pertamina (Persero) bisa mendongkrak produksi dan menutup defisit migas di dalam negeri.

"Jadi, pengelolaan Blok Rokan, diprediksi mendongkrak kontribusi produksi minyak Pertamina dari 39% tahun ini, menjadi 60% pada 2021," tutur dia.

 Baca Juga: Di Depan Prabowo, Jokowi "Pamer" Kesuksesan Ambil Alih Freeport

Dia menambahkan, pemerintah juga bisa mengambil alih mayoritas saham PT Freeport Indonesia, yang selama berpuluh tahun dikuasai perusahaan tambang raksasa Amerika Serikat, Freeport McMoran.

"Melalui proses divestasi yang tidak mudah, negara kini menguasai 51,2% saham, " kata dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini