Tak Lagi Jadi Menteri, Jonan Belajar Menjadi Petani

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 320 2240150 tak-lagi-jadi-menteri-jonan-belajar-menjadi-petani-l5QVSw9K6B.png Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Foto: Okezone.com/Instagram Jonan)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat aktivitas masyarakat banyak dilakukan di rumah. Waktu ini pun dimanfaatkan oleh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Mengenakan kaos hitam dan masker, Jonan sedang memanen hasil tanam-menanamnya di rumah. Sayur sawi hijau dan segar pun sedang dipetiknya.

Baca Juga: Berkacamata Hitam, Jonan Yakin Pesisir Indonesia Timur Sehebat French Riviera

Menurut Jonan, kegiatan bercocok tanam hodroponik bisa membantu ketahanan pangan keluarga dan orang lain. Di samping itu, kualitas udara di rumah pun menjadi lebih bersih.

Ignasius Jonan

"Pagi ini saya memanen sawi ya lumayanlah bagi seorang amatiran," tulis Jonan dalam akun Instagramnya @ignasius.jonan, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Tak Jadi Menteri, Jonan: Terimakasih Atas Kerjasamanya dan Mohon Maaf

Mantan menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi ini mengaku senang dan menikmati aktivitas tersebut. Apalagi, hasil panennya bisa diberikan kepada kawan-kawannya.

"Saya sangat menikmati hari-hari di rumah dengan bercocok tanam," tuturnya.

Sebagai informasi, Ignasius Jonan merupakan salah satu menteri Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla periode 2014-2019. Pada perjalanan kariernya, Jonan sempat menjadi Menteri Perhubungan, kemudian digeser menjadi Menteri ESDM.

Salah satu karyanya selama menjadi menteri adalah membawa kembali tambang emas yang dikelola PT Freeport Indonesia kembali kepangkuan Ibu Pertiwi. Jumlah saham PTFI yang dimiliki Inalum meningkat dari 9,36% menjadi 51,23%. Pemda Papua akan memperoleh 10% dari 100% saham PTFI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini