nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Megah dan Gagahnya Jembatan Holtekamp Papua

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 16:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 02 470 2038309 megah-dan-gagahnya-jembatan-holtekamp-papua-fO6WYg3yTG.jpg Foto: Megah dan Gagahnya Jembatan Holtekamp (Dok PUPR)

JAYAPURA - Papua tak lama lagi akan punya jembatan pelengkung pertama buatan PT PAL (Persero). Jembatan dipinggir pantai Holtekamp ini terletak di atas Teluk Youtefa dan direncanakan beroperasi Juli 2019.

Okezone mendapat kesempatan untuk melihat langsung proyek yang dikerjakan oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni, PTPP, Hutama Karya dan Nindya Karya.

Jembatan ini juga terdiri dari dua bentang utama dengan pelengkung baja. Masing-masing panjang bentang utama 150 meter, tinggi 20 meter dan berat 2.000 ton.

 

Di tengah teriknya matahari di Timur Indonesia, Jembatan Holtekamp nampak keindahannya. Ditambah birunya langit, hijaunya air teluk dan merahnya Jembatan Holtekamp.

Dua bentang utama dengan pelengkung baja dengan panjang masing-masing 150 meter, tinggi 20 meter dan berat 2.000 ton sudah terpasang dengan kokoh.

 Baca Juga: Jembatan Holtekamp Diusulkan Ganti Nama Jadi Youtefa

Jembatan ini memiliki panjang 1.328 meter dan akan menghubungkan Distrik Muara Tami menuju Distrik Hamadi.

Terlihat untuk jalan pendekat sudah 100% selesai. Pengerjaan seperti tulangan struktur hingga pengecoran beton sudah dilakukan.

Selain itu, borpile, pilecap, kolom, slab, median atau dinding jalan dan jembatan sudah terbangun. Barrier, pedestrian, pengadaan girder, pengaspalan, railink, lampu PJU, expansion join dan marka jalan juga sudah ada.

 

Secara keseluruhan untuk pengerjaan jembatan dan jalan pendekatnya sudah 100%. Hanya saja, jembatan masih belum bisa digunakan, sebab jalan akses menuju Skouw sepanjang 7 km masih dalam tahap pengaspalan.

Selain itu, pengerjaan frontage sisi engros dan sisi laut baru mencapai 75% meliputi pekerjaan gorong-gorong, timbunan, PJU, pengaspalan dan marka jalan.

 Baca Juga: Pembangunan Jembatan Holtekamp Papua Selesai Juli 2019

Jembatan Holtekamp memiliki beberapa manfaat di antaranya sebagai solusi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Jayapura. Kemudian, mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan PLBN Skouw.

Jembatan ini juga sebagai sarana pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang diselenggarakan di Papua. Dan yang pasti Jembatan yang diusulkan namanya menjadi Youtefa menjadi landmark atau ikon baru Papua.

Pembiayaan jembatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, sementara Pemerintah Provinsi Papua mendanai pembangunan jalan pendekat dari arah Holtekamp, dan Pemerintah Kota Jayapura.

 

Total keseluruhan biaya pembangunan mencapai Rp1,8 triliun, dengan rincian bentang utama panjangnya 433 meter status selesai (biaya pembangunan Rp946 miliar).

Jalan akses jembatan Holtekamp 9.590 progres 74,49% (Rp237 miliar). Jalan pendekat sisi. Holtekam 600 meter status selesai (Rp246 miliar).

Jembatan pendekat sisi Holtekamp 270 meter status selesai (Rp269 miliar). Jembatan pendekat sisi Holtekamp 30 meter progres 85,9% (Rp155 miliar). Jalan pendekat sisi Hamadi 320 meter progres selesai (Rp35 miliar).

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini