nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank Daerah Diminta Danai Proyek Jalan Tol

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 05 320 2039441 bank-daerah-diminta-danai-proyek-jalan-tol-bWSV9ZwM4i.jpg Kepala BPJT Danang Parikesit (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan berfokus pada pembangunan infrastruktur. Salah satu yang akan dikejar pembangunannya adalah jalan tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, ada yang berbeda dalam pembangunan jalan tol ke depannya. Pembiayaan pembangunan jalan tol akan lebih banyak melibatkan bank daerah.

"Nah ini yang ingin kita sampaikan pada siang hari ini mengenai dorongan kita peran serta bank pembangunan daerah," ujarnya dalam acara Press Briefing di Kantor BPJT, Jakarta, Jumat (5/4/1018).

Baca Juga: Dicek Jokowi, Tol Manado-Bitung Beroperasi Oktober 2019

Menurut Danang, pemerintah menargetkan jumlah pembiayaan infrastruktur jalan tol yang berasal dari bank daerah sebesar 5%. Selama, ini porsi pembiayaan jalan tol dari bank daerah masih kurang dari 1%.

"Sampai hari ini kontribusinya kurang dari 1%. Kita dorong dari 5-10%," ucapnya.

Baca Juga: Pembayaran Ganti Rugi Lahan Tol Aceh - Sigli Beres Tahun Ini

Beberapa bank daerah yang sudah menyalurkan pembiayaan untuk jalan tol adalah seperti Bank Maluku, Bank Sumatera Utara hingga Babak Papua. Ketiga bank tersebut membiayai proyek jalan tol di Trans Jawa.

"Kita mengapresiasi Maluku ikut sindikasi tol di Jawa , bank Sumatera Utara membiayai tol di Trans Jawa, Bank Papua juga ikut membiayai," katanya.

Mengenai pembiayaannya, ada dua jenis yang disiapkan pertama adalah skema sindikasi, kedua adalah pembiaayaan tunggal. Bank-bank daerah itu sendiri nantinya akan membiayai Infrasturktur

"Bank daerah ini baik sindikasi maupun masing-masing. Ini akan kita dorong lagi kita berikan penjelasan untuk mereka turut serta membiayai terutama jalan tol dimana bank tersebut berada," kata Danang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini