nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Kabar Proyek Jalan Tol Bawen-Yogyakarta-Solo?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 19:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 05 320 2039638 apa-kabar-proyek-jalan-tol-bawen-yogyakarta-solo-VAdQgYKsrQ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memaparkan perkembangan terkini rencana pembangunan dua jalan tol di Yogyakarta. Kedua jalan tol tersebut yakni Yogyakarta - Solo sepanjang 40,49 kilometer (km) dan Bawen-Semarang-Yogyakarta sepanjang 41 km.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, untuk Yogyakarta - Bawen, saat ini masih dalam proses penetapan trase dengan masing-masing gubernur. Setelah trase ditetapkan barulah dilakukan penetapan lokasi oleh pemerintah daerah (pemda).

"Setelah penetapan lokasi, Dirjen (Bina Marga) berkirim surat, baik Jawa Tengah maupun DIY untuk persetujuan lokasi," ujarnya saat di Kantor BPJT, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

 Baca Juga: Bank Daerah Diminta Danai Proyek Jalan Tol

Sementara itu untuk jalan Tol Yogyakarta - Solo tinggal menunggu penetapan lokasi dari Gubernur DIY Yogyakarta. Sebab sebelumnya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk sebagai pemrakarsa telah mengantongi izin dari Gubernur Jawa Tengah.

Akan tetapi sebelum mendapatkan izin, nanti pihaknya akan melakukan pemaparan terlebih dahulu kepada Gubernur DIY Yogyakarta. Oleh karena itu, saat ini Kementerian PUPR bersama dengan Adhi Karya tengah menyiapkan dokumen untuk diajukan kepada Gubernur DIY Yogyakarta.

"Rencana kami, minggu depan Pak Dirjen Bina Marga ada pembahasan final sebelum memaparkan ke Gubernur DIY," ucapnya

 Baca Juga: Dicek Jokowi, Tol Manado-Bitung Beroperasi Oktober 2019

Jika nantinya telah disetujui oleh Gubernur DIY Yogyakarta, maka langkah selanjutnya akan melakukan lelang. Proses lelang dari kedua proyek sendiri ditargetkan bisa rampung pada tahun ini sesuai arahan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Itu keinginan Pak Menteri PUPR tendernya tahun ini. Pelaksanaan pembangunan 2,5 tahun, 1 tahun untuk pengadaan tanah dan 1-1,5 tahun untuk pembangunan," paparnya.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen diperkirakan memakan biaya investasi Rp12,3 triliun. Sedangkan Tol Yogyakarta-Solo diperkirakan menelan biaya investasi sebesar Rp16,01 triliun.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini