QR Code RI Bisa Digunakan di Malaysia hingga Thailand

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 17:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 09 320 2041162 qr-code-ri-bisa-digunakan-di-malaysia-hingga-thailand-l23BabdUa3.jpeg Foto: Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan menjalin kerja sama bersama Bank Sentral di beberapa Asia Tenggara (Asean) terikat sistem pembayaran untuk menciptakan inklusi keuangan yang berkelanjutan, aman, cepat, efisien dan handal.

Direktur Departemen Internasional BI Wahyu Pratomo mengatakan, ada tiga negara yang akan melakukan kerja sama, yaitu, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Dan salah satu bentuk kerja samanya itu respons cepat (QR) Code.

"Jadi, QR Code di Indonesia akan dapat digunakan di tiga negara tersebut, begitu juga sebaliknya," ujarnya, di Gedung Bank Indonesia Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Baca Juga: Perang Swasta Vs BUMN: Rebutan Pengguna Uang Elektronik

Dia menuturkan, pihaknya bersama tiga negara itu masih membangun peta jalan (roadmap) agar sistem pada QR Code itu bisa saling terhubung dan terintegrasi. Di mana aspek yang menjadi fokus utama yaitu keamanan, perlindungan konsumen, dan stabilitas keuangan.

"Saat ini sedang disusun framework bagaimana concern integrasi di kawasan. Dan juga bagaimana ritel payment bisa dihubungkan, dengan tetap mengaktifkan aspek security, konsumen, dan stabilitas keuangan," tutur dia.

Baca Juga: Uang Elektronik Asal China Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Sedangkan, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menyatakan bahwa, sasaran dari QR Code yang bisa lintas negara ini adalah para turis pariwisata.

"Dan kita juga bisa meningkatkan pariwisata Indonesia. QR Code ini nantinya bisa cross border karena sasarannya turis pariwisata. Contohnya turis Thailand bisa pariwisata ke Indonesia dengan mudah dan gampang, salah satunya dengan QR Code," jelas dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini