nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Layang Belum Difungsikan, Jakarta - Cikampek Dipelototi saat Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 19:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 09 320 2041222 tol-layang-belum-difungsikan-jakarta-cikampek-dipelototi-saat-mudik-lebaran-52teeuTeZJ.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia mewaspadai kemacetan yang terjadi di Jalan Tol Jakarta - Cikampek saat mudik Lebaran tahun ini. Hal tersebut karena belum bisa dioperasikannya jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated II.

Kabag Kakorlantas Polri Benyamin mengatakan, lalu lintas di Jakarta-Cikampek menjadi perhatian khusus bagi pihak kepolisian dan pemerintah. Karena pada jalan tol ini berpotensi timbul kepadatan kendaraan meskipun ada pergeseran Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

"Yang kita khawatirkan justru di Jakarta -Cikampek. Karena Jakarta Cikampek Elevated ini tidak bisa selesai pada mudik," ujarnya di Hotel Harris,Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Baca Juga: Gerbang Tol Cikarang Utama Dihilangkan, Pemudik Bayar Tol di Tiga Titik Ini

Sementara untuk jalur lainnya di Tol Pantura Benyamin menyebut tidak akan khawatir. Sebab saat ini Tol Trans Jawa sudah tersambungnya jalan Tol Trans Jawa.

"Kan sekarang Tol Trans Jawa sudah tersambung jadi kesannya bisa lancar," ucapnya.

Meskipun begitu, pihaknya telah menyiapkan beberapa cara untuk mengantisipasi kepadatan. Misalnya dengan menerapkan sistem satu arah dan juga contraflow.

"Ada gate sekarang tidak ada digeser ke kilometer 70 ini akan memudahkan kita. Karena dengan Japek ada pengerjaan di atas kita akan menerapkan one way. Tapi enggak sampai Cipali bisa jadi hanya sampai Cikampek saja tapi ini situasional," jelasnya.

Selain di Jalan Tol Jakarta - Cikampek yang menjadi perhatian khusus adalah di jalur selatan. Khususnya di jalur Limbangan dan Gentong yang memang selama ini menjadi titik kemacetan.

Baca Juga: Pemudik Jabodetabek Bakal Habiskan Rp10,3 Triliun

"Kemudian jalur lainnya adalah Jalur selatan Limbangan dan Gentong ini akan kita lakukan buka tutup arus," jelasnya.

Sementara itu, khusus untuk jalur Sumatera, dirinya meyakini tidak kan macet dari tahun lalu. Sebab menurutnya. Sudah ada jalur tol Trans Sumatera meskipun memang belum tersambung sepenuhnya.

"Kalau Sumatera kita enggak masalah," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini