nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pilpres, Pengusaha dan Serikat Pekerja Susun Roadmap Ekonomi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 17:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 11 320 2042148 jelang-pilpres-pengusaha-dan-serikat-pekerja-susun-roadmap-ekonomi-lksabIbn98.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Menjelang debat calon presiden dan wakil presiden serta pemilihan presiden (Pilpres), para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta Asosiasi Serikat Pekerja merapatkan barisan. Tujuannya untuk membahas mengenai perekonomian termasuk juga evaluasi kinerja ketenagakerjaan dan perekonomian nasional.

Dalam acara ini hadir Ketua umum Apindo Hariyadi B Sukamdani, Wakil Ketua Umum Suryadi Sasmita, Wakil Ketua Umum Shinta W Kamdani, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBSI) Mudhofir, Wakil Ketua Umum Bidang OKK DPP Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jusuf Rizal, Ketua Umum Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Syukur Sarto dan Ketua Umum Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, acara ini secara umum untuk melihat bagaimana kondisi perekonomian nasional terkini secara objektif. Termasuk juga bagaimana pandangannya mengenai ekonomi Indonesia di masa mendatang.

"Hari ini kami pointnya kami bersama-sama dengan konfederasi serikat pekerja mencoba melihat secara objek selama 4,5 tahun," ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Apindo, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Baca Juga: Wapres JK Minta Apindo Jaga Keseimbangan Pengusaha-Pekerja

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan roadmap perekonomian untuk pemerintahan selanjutnya. Biasanya roadmap ini selalu digunakan pemerintah untuk mendongkrak perekonomian di lima tahun akan datang.

"Roadmap ini sedang kami kerjakan, kalau boleh saya kasih gambaran ini memang dilakukan setiap 5 tahun dan kita sampaikan kepada pemerintah," ucapnya.

Baca Juga: Pengusaha Harap Ekonomi Indonesia Bisa 6% pada 2020

Dalam roadmap tersebut berisi masukan-masukan yang lengkap dari seluruh dunia usaha di Indonesia. Salah satu contohnya adalah isu-isu pembiayaan, perbankan, ketenagakerjaan, perpajakan hingga birokrasi.

Menurut Shinta, untuk menghadapi perekonomian dalam jangka waktu lima tahun perlu sebuah konsep yang kongkrit. Karena tanpa ada konsep yang kongkret dan studi yang matang bisa jadi akan berantakan.

"Saat ini memang sedang dalam proses dan Agustus akan kita sampaikan. Dalam pemilu kali ini Apindo juga siap memberikan masukan ke pemerintah," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini