nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Molor dari Target, Tol Pandaan-Malang Tunggu Uji Kelaikan Operasi

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 10:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 320 2044074 molor-dari-target-tol-pandaan-malang-tunggu-uji-kelaikan-operasi-qk8iaxAPTj.jpg Tol Malang-Pandaan (Foto: Okezone)

MALANG - Peresmian Tol Pandaan - Malang yang sedianya akan dilakukan pada Jumat 12 April 2019 oleh Presiden Joko Widodo molor, lantaran operator pengerjaan proyek tol PT Jasamarga Pandaan Malang masih menunggu hasil sertifikasi laik operasi.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo mengungkapkan bila pengerjaan proyek tol Pandaan - Malang sesi 1 - 3 sudah selesai.

"Yang sesi 1 - 3 sudah selesai, Tinggal sedikit - sedikit karena ada guyuran hujan kurang sempurna kita benahi. Tapi kalau struktur sudah clear, secara struktur 100% lewat sudah tidak hambatan. Tapi kita perlu menambahkan beberapa pengamanan. Tinggal nunggu sertifikasi yang mengeluarkan sertifikat bukan kami," jelas Agus.

Baca Juga: Tol Pandaan-Malang Seksi I-III Siap Diresmikan

Menurutnya, uji kelayakan operasi dan fungsi ini yang pihaknya tidak tahu kapan keluar sertifikasinya. Meski demikian ia mengakui masih beberapa komponen untuk melengkapi tol Pandaan - Malang sesi 1 - 3 ini.

Sementara itu, untuk Tol Pandaan - Malang sesi 4, PT Jasamarga Pandaan Malang masih terus mengebut pengerjaan proyek yang saat ini sudah mencapai 80%.

"Untuk seksi 4, sudah 80% Masjid An Nur sudah bisa digunakan lahannya baru seminggu yang lalu. nanti menyelesaikan konstruksinya karena ada pintu keluar Pakis. Kebetulan ada kaki timbunan yang perlu tambahan lahan," terangnya.

Baca Juga: Tol Paspro Resmi Beroperasi, Pasuruan-Probolinggo Hanya 30 Menit

Terkait kapan peresmiannya pihaknya memasrahkan kepada pemerintah kapan peresmian tol Pandaan - Malang.

"Tinggal kesiapan yang meresmikan kapan. Kesiapan yang meresmikan itu. Kita mengikuti saja," pungkasnya.

Underpass Karanglo akan Dihiasi Ornamen Seni Khas Singosari

Underpass Karanglo yang dalam tahap Progres pengerjaan telah memasuki 75% pengerjaan. Dijadwalkan Underpass Karanglo yang menjadi pembangunan underpass tercepat di Indonesia akan usai pada akhir April 2019.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo menyatakan jika pengerjaan fisik underpass sudah rampung hanya tinggal pemasangan panel - panel.

"Kalau underpass ini sudah di atas 75%, kita targetkan akhir bulan ini bisa difungsikan. Kalau fisiknya sudah selesai hanya pemasangan panel - panel pelengkapnya," beber Agus ditemui okezone di ruang kerjanya.

Agus juga menambah nantinya underpass ini akan dihiasi sedemikian menarik disesuaikan dengan tema daerah Singosari.

"Kita akan pasang ornamen - ornamen yang menarik melengkapi konstruksi underpass. Paling tidak nanti dicarikan ornamen yang berbau Singosari ala - ala kerajaan supaya lebih cantik," lanjutnya.

Diharapkan dengan adanya ornamen tambahan di underpass mampu menyuguhkan suasana berbeda dengan underpass yang sudah ada di Indonesia.

Underpass Karanglo sendiri dibangun di pintu keluar tol Karanglo Singosari supaya mempelancarkan arus lalu lintas yang kerap kali terjadi kemacetan.

"Kita yakin dengan dioperasikannya underpass Karanglo ini mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sana," pungkasnya.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini