nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pulang Umrah, Presiden Jokowi Langsung Resmikan Miniatur Halal Park

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 12:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 16 320 2044108 pulang-umroh-presiden-jokowi-langsung-resmikan-miniatur-halal-park-dWC6jEkXh8.jpg Foto: Peresmian Halal Park (Giri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan miniatur Halal Park (Moslem District Destination) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Peresmian dilakukan oleh Presiden Jokowi usai dirinya melaksanakan ibadah Umrah.

Presiden Joko Widodo didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

"Dengan mengucapkan Bismillah, halal park pada pagi hari ini diresmikan," ujarnya di Komplek GBK, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Baca Juga: Mulai Oktober, Seluruh Produk Wajib Punya Sertifikat Halal

Menurut Jokowi, ini hanya miniatur dari halal park. Di mana halal park yang sebenarnya akan dibangun dan rampung pada dua tahun yang akan datang.

Hala park nantinya akan dibangun oleh PT Wijaya Karya (Persero) di luas lahan 21.000 meter persegi. Adapun nilai investasi dari pembangunan gedung wisata halal sendiri adalah sebesar USD250 miliar.

"Hari ini sesuatu yang kita mulai halal park sebagai embrio dari pembangunan halal district. Akan dibangun 21 ribu meter persegi bangunan dan ruangnya dan mencapai nilai investasi bangunan USD250 miliar akan dikerjakan di sini,," jelasnya.

Menurut Jokowi, wacana pembangunan halal park bukan barang baru dan bersifat dadakan. Sebab wacana pembangunan ini sudah dilakukan dari jauh-jauh hari ketika rapat di Istana.

"Ini bukan barang baru jadi sudah kita bicarakan satu dua tiga pertemuan dan ini sebuah realisasi dan ini memajukan sumber daya yang dimiliki seluruh industri halal dan kita padukan dengan pelaku UMKM kita," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama WIKA Tumiyana mengatakan, halal Park akan berdiri di atas luas tanah 21.000 meter persegi, dengan konsep mengelaborasikan desain aktivitas berbasis konsep halal melalui adaptasi nilai nilai keislaman yang digabungkan dengan budaya Nusantara.

"Pembangunan ini ditargetkan akan selesai di tahun 2020,” kata Tumiyana.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingin Sertifikasi Halal Pedagang Bakso Cs Digratiskan

Sementara itu, CEO & Founder HIJUP Halal Park Diajeng Lestari mengatakan, pembangunan ini menjadi angin segar bagi para pelaku usaha pada industri gaya hidup halal mengingat kolaborasi melalui ekosistem yang dapat mempertemukan semua pemangku kepentingan sangat dibutuhkan.

"Gaya hidup halal harus menjadi inklusif, mengingat manfaat akan gaya hidup tersebut dapat memberikan kontribusi positif terhadap pola hidup manusia yang lebih berkelanjutan," jelasnya.

Inisiasi dibentuknya halal park bertujuan tidak hanya untuk memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis industri gaya hidup halal Indonesia untuk menjadi Iebih berdaya saing, tetapi juga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional melalui peningkatan tingkat konsumsi, ekspor neto, dan investasi.

Selain itu, Halal Park juga akan mempertemukan para pelaku bisnis industri gaya hidup ha|a| dengan komunitas komunitas yang percaya akan kekuatan hidup berkelanjutan yang bisa dinikmati oleh segala usia, agama, dan kepercayaan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini