nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Bawang Putih Mahal, Mendag Minta Importir Kosongkan Gudang

Selasa 16 April 2019 20:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 320 2044393 harga-bawang-putih-mahal-mendag-minta-importir-kosongkan-gudang-crGrdN3UtV.jpg Foto: Mendag (Okezone)

TANGERANG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memanggil sejumlah importir bawang putih agar para importir membuka gudang dan melakukan operasi pasar. Sebab, harga bawang putih kini kian mahal.

"Kita undang importir agar dia buka gudang untuk dikeluarkan stoknya," kata Mendag Enggar seperti dilansir Antaranews, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

 Baca Juga: Mendag Tak Jadi Impor Bawang Putih, Menko Darmin: Tidak Bisa Dibatalkan

Sementara itu, Menurut Enggar, penugasan impor bawang putih oleh Perum Bulog dilakukan hanya saat kondisi darurat.

"Kita lihat apakah sekarang dalam kondisi emergency. Kemarin juga ada masukan dari KPPU, Ombudsman, kelompok tani, semua kita perhatikan," katanya.

Dengan demikian, perseroan akan diberikan rekomendasi dan izin jika stok bawang putih di dalam negeri sudah sangat tipis.

 Baca Juga: Harga Bawang Merah Naik, Mendag Sebut Masih Wajar

Selain itu, impor dilakukan Bulog apabila perusahaan-perusahaan importir tidak memasukkan bawang putih dari luar negeri.

Menurut Enggartiasto, ketersediaan bawang putih di gudang-gudang importir, yang merupakan sisa kedatangan tahun lalu, masih cukup untuk memenuhi kebutuhan beberapa waktu ke depan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini