nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerak Wall Street dan Ekonomi China Tumbuh 6,4%

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 20:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 17 278 2044897 gerak-wall-street-dan-ekonomi-china-tumbuh-6-4-5kTWOY4fSV.png Foto: Reuters

NEW YORK - Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street dibuka menguat pada perdagangan Rabu waktu setempat ditopang positifnya data ekonomi China dan melonjaknya saham Qualcomm.

Tercatat, ekonomi China tumbuh 6,4% pada kuartal I-2019. Hasil ini mematahkan ekspektasi soal perlambatan ekonomi lebih lanjut dan justru menambah optimisme bahwa ekonomi mungkin mulai stabil bahkan ketika Beijing dan Washington tampak bergerak lebih cepat untuk menyelesaikan perundingan perang dagang. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (17/4/2019).

Indeks Dow naik 50 poin atau 0,19%. Indeks S&P 500 naik 8,5 poin atau 0,29% dan indeks Nasdaq 100 naik 40,75 poin atau 0,53%.

 Baca Juga: Wall Street Ditutup Menguat Berkat Laporan Keuangan Emiten

Sementara itu, pertumbuhan yang lebih cepat karena permintaan dari China, mengangkat saham semikonduktor.

Qualcomm Inc melonjak 12,2% setelah perusahaan memenangkan kemenangan besar dalam perselisihan hukumnya dengan Apple Inc yang meminta iPhone untuk sekali lagi menggunakan chip modem Qualcomm.

Sementara itu, Saham Intel Corp, Advanced Micro Devices dan Nvidia Corp juga naik antara 0,7% dan 4,41%.

"Kami memiliki penarik dari data ekonomi Tiongkok, dan secara umum laporan pendapatan beragam, tetapi sebagian besar lebih baik daripada yang ditakuti," kata Kepala Strategi Pasar National Securities Art Hogan.

 Baca Juga: Wall Street Dibuka Melesat, Indeks S&P Dekati Rekor Tertinggi

"Kami akan membutuhkan sesuatu yang baru secara signifikan seperti kesepakatan perdagangan AS-China untuk perkiraan yang lebih tinggi pada 2019," katanya.

Di sisi lain, Federal Reserve menerbitkan Beige Book, ringkasan anekdot tentang kesehatan ekonomi, yang diambil dari sumber bank sentral di seluruh negara.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini