nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpora Usul Atlet Berprestasi di Olimpiade Bisa Jadi PNS Sekelas Eselon II

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 18:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 17 320 2044830 menpora-usul-atlet-berprestasi-di-olimpiade-bisa-jadi-pns-sekelas-eselon-ii-GSc6r1Pf7D.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana menjadikan atlet berprestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) sebagai Pegawai Negeri Sipil Negara (PNS). Wacana tersebut telah diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Imam Nahrawi mengatakan, wacana ini sedang didiskusikan bersama dengan Menteri PANRB. harus mempertimbangkan terlebih dahulu prestasi minimal dari atlet PON tersebut.

"Kita lihat prestasinya yang pasti Pak Presiden peraih medali PON bisa jadi PNS," ujarnya saat ditemui di Kawasan Widya Chandra, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Baca Juga: Sri Mulyani Pastikan Kenaikan Gaji PNS Sudah 100% Cair

Rencananya atlet yang berprestasi di PON bisa masuk jalur khusus pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Saat ini tengah disusun aturan untuk menetapkan atlet PON bisa diproyeksikan menjadi PNS.

"Undang-undang ASN memberi ruang bagus atlet yang secara prestasi jadi ASN itu siapapun yang baru akan mengikuti proses itu," jelasnya.

Baca Juga: BKN: Ada 990 Kasus PNS Tidak Netral

Imam Nahrawi menambahkan, meskipun nantinya atlet menyabet medali PON bisa menjadi PNS, akan tetapi jabatannya akan dipisahkan dengan peraih medali Olimpiade. Dirinya menginginkan agar para perain medali emas Olimpiade bisa langsung naik pangkatnya misalnya menjadi eselon II.

"Saya pengennya peraih medali emas olimpiade itu levelnya langsung," ucapnya.

Alasan paling utamannya adalah secara tingkat kesulitan dan level turnamen antara PON dan Olimpiade sangat jauh berbeda.

"Dalam bayangan saya langsung jadi eselon II eselon I, Pak Jokowi respons itu. Tapi kira harus membahas," jelas.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini