nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendag Minta Bantuan Importir Kendalikan Harga Bawang Putih

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 18:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 18 320 2045317 kemendag-minta-bantuan-importir-kendalikan-harga-bawang-putih-n5TXtkXn9x.jpg Foto: Operasi Pasar Bawang Putih di Ps Induk Kramat Jati

JAKARTA - Pemerintah melakukan upaya stabilkan harga bawang putih di pasar. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar (OP) yang melibatkan importir untuk menyediakan stoknya.

Salah satu importir bawang putih Farid mengatakan, stok bawang putih miliknya ada 100 ton. Apabila dikeluarkan semua maka stoknya habis. Oleh karena itu, secara bertahap kebutuhan stok bawang putih akan dikeluarkan.

Baca Juga: Kemendag Keluarkan Izin Impor Bawang Putih Sore Ini

"Jadi, kamarin kami (importir) di panggil sama Kementerian Perdagangan soal pendataan bawang putih. Kami diminta bantu untuk operasi pasar mengenai bawang putih," ujarnya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (18/4/2019).

Dia berharap, pemerintah segera mungkin melakukan impor bawang putih. "Kalau kami sendiri sih ya intinya berharap ada impor, tapi semua ini melalui mekanisme dari Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) kemudian surat persetujuan impor (SPI) kan ada mekanismenya," ungkapnya.

Baca Juga: Harga Bawang Putih Tinggi, Bagaimana saat Lebaran?

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) siap menerbitkan Perizinan Impor (PI) bawang putih pada sore hari ini. Terdapat 7 perusahaan swasta yang mendapatkan izin impor bawang putih.

"Akan keluar, mudah-mudahan saya harapkan sudah selesai sore ini," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini