nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta di Balik Raja dan Putra Mahkota Arab Tebar Investasi di RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 April 2019 08:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 320 2045322 fakta-di-balik-raja-dan-putra-mahkota-arab-tebar-investasi-di-ri-IJgyhlfjBj.jpg Presiden Jokowi (Foto:Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu bertemu dengan Raja Salman dalam kunjungannya ke Arab Saudi. Dalam pertemuan tersebut, raja Arab berjanji akan menebar investasi kepada Indonesia.

Mendengar hal tersebut, Presiden Joko Widodo pun meminta kepada pimpinan lembaga dan Kementerian untuk menindaklanjuti hal tersebut. Apalagi investasi yang dibawa dari Arab Saudi itu tidak sedikit.

Okezone merangkum beberapa fakta terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi, seperti dikutip dari data Setkab, Senin (22/4/2019):

1. Investasi Arab Saudi

Arab Saudi tertarik melakukan kerjasama di bidang energi dan petrokimia. Hal ini disampaikan kembali oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman dalam pertemuan yang di helat di Istana Putra Mahkota Riyadh, Minggu 14 April 2019 malam.

2. Tindaklanjut Komitmen Investasi Arab Saudi

Menurut Presiden Jokowi, harus segera ditindaklanjuti secepatnya sehingga respon ini akan segera menuntaskan, terutama rencana investasi dari Arab Saudi di Indonesia sebagaimana yang telah disampaikannya sebelumnya

“Saudi ingin Indonesia bekerjasama dengan menjadikan negara kita sebagai Hub bagi industri petrokimia, petrochemical di Asia Tenggara,” tegas Presiden.

3. Ekonomi RI Diapresiasi

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi.

“Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju,” kata Menlu Retno.

4. Kuota Haji RI Ditambah

Putra Mahkota menyampaikan lagi keputusan penambahan kembali kuota haji sebesar 10.000 bagi Indonesia.

Presiden Jokowi pun ingin hal ini segera ditindaklanjuti.“Pertama, yang berkaitan dengan tambahan 10.000 kuota untuk calon jamaah haji kita. Kemudian yang kedua yang berkaitan dengan keinginan peningkatan investasi Saudi Arabia ke Indonesia,” kata Presiden Jokowi .

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini