nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta Bandara Kulon Progo-Borobudur Bakal Dibangun

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 21:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 19 320 2045606 kereta-bandara-kulon-progo-borobudur-bakal-dibangun-AkUKg3gPZj.jpg Foto: Kereta Bandara (Antara)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun jalur kereta api (KA) dari Bandara Baru Yogyakarta menuju objek wisata Candi Borobudur. Hal tersebut menyusul segera beroperasinya Bandara Baru Yogyakarta di Kulon Progo pada tahun ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, keberadaan Bandara baru tersebut diprediksi akan meningkatkan wisatawan yang datang ke Borobudur. Apalagi nantinya jika semakin dipermudah dengan pembangunan kereta api

"Wacana itu ada, kami ingin ada jalur KA dari bandara ke Borobudur,"ujarnya di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Budi menambahkan, nantinya jalur KA itu akan dibangun menempel dengan jalan baru yang dibangun Kementerian PUPR pada rute Kulon Progo langsung ke Magelang, tak harus melewati jalan eksisting yang melewati Sleman. Saat ini pihaknya masih menunggu persetujuan dari Kementerian PUPR.

"Sekarang PU mau bikin jalan, lagi dibahas, tol atau bypass. Menurut saya kita nebeng ke Borobudur-nya untuk jalan kereta api, jadi kita menunggu PU," jelasnya

Memang awalnya, Kementerian Perhubungan ingin mengaktifkan kembali jalur KA yang sudah dibangun sejak jaman Belanda. Namun karena di atas rel itu telah terbangun bangunan, rencana tersebut diurungkan.

"Reaktivasi ini ada masalah sosial. Rel yang Yogya-Magelang itu sudah menjadi rumah semua, aku jalan 10 km itu sudah jadi ruko, rumah. Masalah sosial banyak," kata Budi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini