nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 31 Mei

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 22 April 2019 11:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 22 320 2046349 kemenhub-prediksi-puncak-arus-mudik-lebaran-31-mei-lFuldpkcva.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan rapat koordinasi terkait angkutan Lebaran 2019 bersama beberapa pihak seperti Kepolisian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi memprediksi bahwa puncak bagi pemudik pada Lebaran tahun ini yakni pada tanggal 31 Mei 2019 atau tiga hari sebelum Lebaran.

"Puncak mudik emang ada prediksi masing-masing tapi hasil litbang puncak arus mudik tanggal 31 Mei. Mulai mudik tanggal 29 Mei, karena Rabu sudah libur. Jadi Selasa malam sudah mulai," ujarnya di Gedung Kemenhub Jakarta, Senin (22/4/2019).

Baca Juga: Alasan Menhub Larang Pemudik Naik Motor

Dia menuturkan, pihaknya memprediksi untuk mobil pribadi pada saat mudik paling banyak 28%. Kebanyakan mengunakan jalan tol. Pengendara motor juga masih jadi pilihan alternatif.

"Kemarin kami melihat bahwa yang disampaikan pak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tadi, di mana dari Indramayu ke Cikampek mereka istirahat di pinggir jalan di tempat yang kurang layak. Ini perlu penanganan khusus," tutur dia.

 Baca Juga: Sebelum Lebaran, Menhub Panggil Garuda Cs Bahas Mahalnya Tiket Pesawat

Dia menambahkan, untuk jalur Utara Pulau Jawa kendaran mobil 273 ribu kendaraan atau 27%. Kemudian, jalur Selatan 8,5%. Maksud dari lintas Selatan perlu koordinasi dengan Kementerian PUPR.

"Di mana lintas Selatan ini adalah dari Bandung, Tasikmalaya, Ciamis 3,4%. Mohon diklarifikasi ada lintas Selatan dan lintas Selatan Selatan. Lintas Selatan Selatan ini mulai dari Banten lewat Sukabumi, Tasikmalaya dan Jogjakarta. Kemudian jalan tol Trans Jawa akan menyedot sebagian besar pemudik 40%. Ini akan menjadi pemasukan yang cukup bagus tapi juga persoalannya lumayan ini," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini