nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menanti Arah Suku Bunga Acuan BI

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 09:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 25 20 2047785 menanti-arah-suku-bunga-acuan-bi-xukgj7SCST.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan keputusan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan April pada hari ini, Kamis (25/4/2019). Rapat tersebut sudah berlangsung sejak 24-25 April 2019.

Dalam rapat bulanan itu, dewan gubernur BI akan mengumumkan beberapa kebijakan moneter. Salah satunya terkait suku bunga acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI 7-Days Repo Rate). Bank Sentral akan mengumumkan keputusan mereka untuk menahan, menurunkan atau menaikkan suku bunga acuannya.

 Baca Juga: BI Buka Peluang Turunkan Suku Bunga Acuan

Sebelumnya pada RDG bulan Januari, Bank Sentral memutuskan untuk menahan suku bunga acuan tetap di level 6%. Keputusan itu akan dipengaruhi kondisi ekonomi global, salah satunya kebijakan moneter Bank Sentral AS, The Fed. Di mana, The Fed pada awal tahun telah menyatakan akan lebih melunak dalam melakukan pengetatan moneter.

Sebelumnya pada RDG bulan Maret, Bank Sentral memutuskan untuk menahan suku bunga acuan tetap di level 6%. Begitu pun pada bulan sebelumnya di Januari dan Februari.

 Baca Juga: Ikuti The Fed, BI Diprediksi Tahan Suku Bunga Acuan

Sekadar diketahui, sepanjang tahun 2018, The Fed telah menaikkan suku bunga acuannya sebanyak 4 kali. Kebijakan itu direspons BI dengan menaikkan suku bunga acuan sebanyak 175 bps di sepanjang tahun lalu. Kenaikan terjadi pada RDG BI bulan Mei, Juni, Agustus, September dan November.

Menutup tahun, yakni pada RDG BI bulan Desember diputuskan untuk menahan suku bunga acuan di level 6%. Sehingga saat ini suku bunga Deposit Facility (DF) berada di level 5,25% dan Lending Facility (LF) pada level 6,75%.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini