nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPO, Bali United Pasang Harga Rp155-Rp175

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 17:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 26 278 2048480 ipo-bali-united-pasang-harga-rp155-rp175-BDNWXlu5Wx.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – PT Bali Bintang Sejahtera, perusahaan pengelola manajemen klub sepak bola Bali United berencana melakukan penawaran umum saham perdana atau Innitial Public Offering (IPO). Perseroan melepas sebanyak-banyaknya 2 miliar lembar saham atau 33,33% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

Adapun harga yang ditawarkan dengan kisaran Rp155 – Rp175 per saham. Dengan demikian, potensi dana segar yang akan diperoleh sebesar Rp310 miliar hingga Rp350 miliar. Dalam aksi korporasi ini perseroan telah menunjuk PT Buana Capital Sekuritas (terafiliasi) dan PT Kresna Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

CEO Bali United Yabes Tanuri menyatakan, melalui aksi IPO ini Bali United akan menjadi klub sepak bola yang pertama go public di Asia Tenggara. Langkah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) memang dilakukan untuk semakin mendorong tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG).

Baca Juga: Bantahan Traveloka soal Rencana IPO

“Selama ini kami selalu ditanyakan agar lebih transparan sehingga semuanya bisa menjadi lebih dekat. Oleh karena itu kami merencanakan Bali United untuk go public," jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, (26/4/2019).

Perseroan berencana untuk menggunakan sekitar 19,1% dana dari hasil IPO untuk belanja modal (capital expenditure). Kemudian sekitar 20,4% untuk memperkuat struktur permodalan kepada entitas anak, serta 60,5% akan digunakan sebagai modal kerja perseroan.

"Dengan go public, maka semua bisa menjadi pemegang saham Bali United. Kita bisa menjadi sebuah keluarga yang saling memiliki. Kita bangga mengawal, bangga bisa bersama, dan juga bangga bisa memiliki,” katanya.

bali united

Adapun dalam prospektus yang dipublikasikan perusahaan pada Jumat, 26 April 2019, masa penawaran awal dilakukan pada 26 April hingga 7 Mei 2019. Sementara perkiraan tanggal pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 15 Mei 2019.

Sedangkan untuk jadwal masa penawaran umum diagendakan pada 17 Mei hingga 21 Mei 2019. Sementara perkiraan untuk jadwal pencatatan di BEI yakni pada 27 Mei 2019.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun menyambut baik rencana IPO perusahaan dari klub Bali United itu. Di mana Bali United memulai awal untuk klub sepak bola Indonesia berkontribusi pada perekonomian melalui pasar modal.

"Bali United FC telah mengantarkan industri sepakbola Indonesia lepas landas menjadi salah satu sektor industri yang diharapkan dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Sekretariat Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini