nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bengkulu, Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman

Demon Fajri, Jurnalis · Senin 29 April 2019 14:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 29 320 2049341 banjir-bengkulu-pertamina-jamin-stok-bbm-dan-lpg-aman-5tt4R7pcR8.jpg Foto: Pertamina Jamin Stok BBM di Bengkulu (Demon/Okezone)

BENGKULU – Tiga hari pasca-banjir yang menerjang provinsi Bengkulu, stok bahan bakar minyak (BBM) dan LPG di wilayah terdampak bencana alam banjir dan tanah longsor masih aman. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Di mana stok BBM dan LPG yang disalurkan ke daerah-daerah bencana tersebut lantaran debit air yang menggenang sejumlah daerah banjir sudah mulai surut, begitu juga dengan material tanah longsor yang telah dibersihkan. Sehingga mobil tanki dan angkutan LPG sudah bisa dilalui secara normal.

''Puncak tertinggi banjir terjadi pada hari Sabtu, sejak Minggu siang jalan-jalan sudah mulai bisa dilalui. Saya juga sudah mendapatkan laporan bahwa stok BBM dan LPG juga masih aman di masyarakat,'' kata Rohidin, Senin (29/4/2019).

 Baca Juga: Korban Tewas Akibat Banjir Bengkulu Bertambah Jadi 29 Orang, 13 Lainnya Hilang

Kebutuhan masyarakat saat ini, lanjut Rohidin, lebih kepada peralatan kebersihan untuk digunakan membersikan tempat tinggal dan sekitarnya.

''Untuk kebutuhan bahan makanan sepertinya sudah mencukupi dari stok kota, dan provinsi juga siap menyalurkan jika dibutuhkan. Saat ini masyarakat perlu dukungan berupa alat-alat kebersihan, perbaikan jalan dan jembatan serta kebutuhan perlengkapan yang mendukung mata pencahariannya seperti pupuk untuk pertanian dan lainnya,'' katanya Rohidin.

GM Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini menyatakan, kesiapan Pertamina dalam mendukung bergeraknya kembali roda perekonomian masyarakat paska banjir.

''Semua sarana dan fasilitas yang berkaitan dengan distribusi BBM dan LPG akan terus kami maksimalkan guna memastikan ketersediaan stok di masyarakat,'' ujar Primarini.

 Baca Juga: Banjir dan Longsor Terjang Bengkulu, 2 Kecamatan di Bengkulu Tengah Masih Terisolasi

Pada Sabtu 27 April 2019, sampai Primarini, distribusi sempat terhambat lantaran adanya jalan atau jembatan yang terkena dampak banjir. Meskipun demikian, Pertamina telah melakukan skenario pengalihan suplai dari Terminal BBM terdekat dari Bengkulu, TBBM Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

''Pola penyaluran reguler, alternatif, dan emergency (RAE) sudah kami jalankan sejak Sabtu 27 April 2019. Per hari ini suplai BBM sudah mulai kembali dilakukan dari TBBM, Pulau Baai Kota Bengkulu,'' jelas Primarini.

Primarini menyampaikan, keprihatinannya terhadap kondisi yang dialami Bengkulu.

''Saya mewakili Pertamina mengucapkan turut prihatin atas kejadian ini. Semoga kondisi Bengkulu cepat kembali pulih seperti sedia kala,'' tutup Primarini.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini