Menhub Pastikan Tak Ada Surat Aksi Mogok Kerja Karyawan Garuda

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 29 April 2019 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 29 320 2049535 menhub-pastikan-tak-ada-surat-aksi-mogok-kerja-karyawan-garuda-xvmSvqrTv8.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Sekretariat Bersama (Sekber) Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengancam untuk melakukan mogok kerja. Hal tersebut menyusul polemik atas laporan keuangan perseroan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menerima surat dari serikat pekerja terakit aksi mogok kerja, sehingga dirinya belum bisa menentukan sikap dan mengambil tindakan terkait wacana tersebut.

"Imbauan (aksi mogok) itu sendiri kami tidak pernah dapatkan surat secara langsung. Dapat dari wartawan. Saya karena tidak dapat langsung jadi tidak langsung beri respons," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (29/4/2019).

 Baca Juga: Menhub Minta Pilot Garuda Jangan Mogok

Meskipun begitu, Budi menitipkan pesan kepada para pilot untuk bijak dalam mengambil sikap. Artinya para pilot diminta untuk menahan diri agar tidak melakukan aksi mogok kerja.

"Dari konteks itu saya selaku regulator agar pilot-pilot itu menahan diri," ucapnya.

Meskipun begitu, Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu menyebut jika aksi mogok yang tidak benar ini tidak akan menghambat kinerja Garuda Indonesia. Karena mogok kerja itu baru sebatas ancaman dan wacana saja.

"Saya pikir polemik ini tidak menganggu tapi memang jangan berlarut-larut," ucapnya.

 Baca Juga: Polemik Laporan Keuangan, Besok BEI Panggil Manajemen Garuda Indonesia

Budi juga mengaku sudah menginstruksikan kepada jajaran Direksi Garuda untuk bisa menyelesaikan masalah polemik ini.

"Makanya saya minta ke direksi, komisaris untuk lakukan konsolidasi tentag hal-hal ini dan klarifikasi ke pihak-pihak tertentu agar masalah ini selesai. Saya yakin tidak berdampak kalau ditindaklanjuti," katanya.

Sebagai informasi, sebelumnya, Sekretariat Bersama (Sekber) Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membantah akan melakukan mogok massal dan menyatakan surat yang beredar pada Sabtu (27/4/2019) tidak benar adanya alias Hoax. Sebelumnya surat ederan yang menyebutkan karyawan Garuda bakal melakukan aksi mogok kerja mencuat di tengah polemik atas laporan keuangan perseroan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini