nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisruh Laporan Keuangan Garuda, Ini Hasil Pertemuan Direksi dengan BEI

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 15:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 30 278 2049876 kisruh-laporan-keuangan-garuda-ini-hasil-pertemuan-direksi-dengan-bei-nntGOKbQFy.JPG Foto: Pesawat Garuda Indonesia (Okezone)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) memanggil jajaran direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) pada hari ini, Selasa (30/4/2019). Pemanggilan tersebut terkait kisruh laporan keuangan 2018 maskapai berpelat merah itu.

Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna membenarkan pertemuan tersebut, pihaknya telah bertemu dan berdiskusi langsung dengan direksi Garuda Indonesia. Selain itu, pertemuan juga dilakukan bersama auditor yang memeriksa keuangan GIAA yakni KAP Tanubrata Sutanto Fahmi Bambang & Rekan (Member of BDO Internasional).

Baca Juga: Garuda Indonesia Jajaki Bisnis Kargo dengan Drone

"Pagi ini bursa telah melakukan hearing dengan PT Garuda Indonesia Tbk dan auditor pada pukul 08.30 - 09.30. Kami akan mengirimkan permintaan penjelasan pada hari ini," ujar Nyoman di Gedung BEI, Selasa (30/4/2019).

Dia menyatakan, BEI meminta semua pihak atau institusi untuk mengacu pada tanggapan Garuda Indonesia yang disampaikan ke otoritas bursa. Kata dia, tanggapan tersebut akan dipublikasikan di situs resmi BEI.

Garuda Indonesia

"Jadi bursa meminta semua pihak untuk mengacu pada tanggapan Perseroan yang akan disampaikan melalui IDXnet (platform Bursa) dan penjelasan dapat dibaca di website Bursa," jelasnya.

Sebelumnya, dua komisaris Garuda Indonesia yakni Chairal Tanjung dan Dony Oskaria, menganggap laporan keuangan 2018 tidak sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Maka keduanya menolak menandatangani laporan keuangan tersebut.

Menurut keduanya, seharusnya Garuda Indonesia mencatatkan rugi senilai USD244,95 juta di 2018. Namun, di dalam laporan keuangan malah tercatat memiliki senilai USD5,01 juta.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini