nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sofyan Djalil Pastikan Jakarta Tetap Jadi Pusat Bisnis

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 18:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 03 470 2051223 sofyan-djalil-pastikan-jakarta-tetap-jadi-pusat-bisnis-NI3wkzfCUp.jpg Menteri ATR Sofyan Djalil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, ibu kota baru tidak akan menjadi pusat bisnis di Indonesia. Dengan demikian, Jakarta masih menjadi pusat bisnis.

"Jadi, ibu kota baru tidak akan jadi kota bisnis. Karena pengalaman seperti New York sama Washington. Sydney dengan Canberra. Jadi ibu kota itu akan tumbuh, atau Brasilia dengan Rio De Janeiro. Itu akan tumbuh, tapi tidak akan masif. Karena bisnis akan di kota bisnis," ujarnya di Kantor Kementerian ATR/BPN Jakarta, Jumat (3/5/2019).

 Baca Juga: Lokasi Masih Rahasia, Lahan Ibu Kota Baru Pakai Tanah Negara

Dia menuturkan, pemilihan ibu kota baru juga salah satunya yakni tidak daerah yang rawan bencana. Memang kalau di Indonesia tanah yang bebas 100% kan sangat sedikit tempatnya.

"Maka itu secara umum perencanaan tata ruang kita sudah sangat concern terhadap masalah bencana. Jadi daerah-daerah yang rawan bencana, kita tata ruang. Sehingga di masa yang akan datang paling sedikit, bencana tak bisa dihindari," tuturnya.

 Baca Juga: BPN Sudah Siapkan 300.000 Ha Lahan untuk Ibu Kota Baru

Dia menambahkan bahwa keterlibatan ATR/BPN pada ibu kota baru ini, ada beberapa, seperti tata ruang, kemudian kalau ada masalah-masalah status hukum nanti kewenangan BPN.

"Oleh karena itu, ada program-program Pemerintah pusat yang semua pihak mendukung. Tapi mungkin yang paling berperan besar nanti Kementerian PUPR," kata dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini