nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cari Pendanaan, Pelabuhan Tanjung Priok Jajaki IPO

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 278 2051962 cari-pendanaan-pelabuhan-tanjung-priok-jajaki-ipo-fqlHi3LBWf.jpg Ilustrasi IPO (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP Multipurpose), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II), berencana melakukan pelepasan saham perdana ke publik atau initial public of fering (IPO) untuk mencari pendanaan.

Direktur Utama PTP Multipurpose Imanuddin mengatakan, melalui IPO suatu perusahaan dinilai telah matang dan juga sudah memenuhi ketetapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate government (GCG).

Baca Juga: IPO, Bali United Pasang Harga Rp155-Rp175

“Tapi banyak faktor, momentum, dan waktu yang tepat untuk IPO, karena pasar modal itu cukup sensitif,” kata Iman kepada media di Jakarta, akhir pekan lalu. Jika rencana aksi korporasi ini terealisasi, maka PTP Multipurpose menjadi anak usaha ketiga Pelindo II yang melepaskan sahamnya ke publik.

Sebelumnya, PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) pada tahun lalu sukses melakukan IPO. “Seperti arahan Dirut Pelindo II (Elvyn G Masassya), memang rencananya pascapemilu ada proses kita melihat kesiapan internal dan pasar,” ujarnya.

grafik

Menurut Iman, perolehan dana dari IPO nanti rencananya akan digunakan perseroan untuk beberapa hal. Namun, sebagian besar digunakan untuk pengembangan bisnis dan modal kerja, kemudian membayar utang yang telah jatuh tempo.

“Untuk berapa persen saham akan kita lepas masih belum bisa ditentukan, tapi bisa saja sama seperti sisters company yang telah IPO, yaitu PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk yang melepas 28% saham ke publik,” katanya.

(Heru Febrianto)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini