nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketimpangan Bisa Melebar di Ibu Kota Baru, Kok Bisa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 07:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 14 470 2055519 ketimpangan-bisa-melebar-di-ibu-kota-baru-kok-bisa-HsiA0PZryL.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Pemerintah harus berhati-hati dalam memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju daerah baru yang penduduknya masih sepi. Sebab akan ada beberapa dampak negatif dari pemindahan ibu kota ini.

Pengamat Ekonomi Indef Bhima Yudistira mengatakan, salah satu dampak dari pemindahan ibu kota ini adalah angka ketimpangan yang akan semakin melebar di kota baru tersebut. Mengingat akan banyak pendatang yang mana secara kemampuan ekonomi di atas dari penduduk lokal.

"Ketimpangan di ibu kota baru makin melebar imbas pendatang (lebih mampu secara ekonomi) dengan penduduk lokal yang miskin," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (15/5/2019).

 Baca Juga: Dicek Jokowi, Maaf Bukit Soeharto Tak Bisa Jadi Ibu Kota Baru

Menurut Bhima, jika nantinya ibu kota pindah, pemerintah harus memikirkan juga kesejahteraan dari penduduk lokal. Sehingga angka ketimpangan ini tidak akan melebar atau bahkan lebih buruk dari yang terjadi di Jakarta.

Menurutnya, jika angka ketimpangan ini dibiarkan akan memiliki efek domino. Misalnya akan membuat angka kriminalitas semakin tinggi di ibu kota baru tersebut.

"kalau mau pindah ibu kota perlu dipikirkan nasib warga lokal jangan hanya jadi penonton saja. Ketimpangan yang tinggi bisa ciptakan kriminalitas. Bahkan lebih buruk dari Jakarta," katanya.

 Baca Juga: Pemerintah Tebar Insentif Bangun Ibu Kota Baru

Selain angka ketimpangan lanjut Bhima, dampak dari pemindahan ibu kota ini juga bisa meningkatkan angka inflasi yang selama ini sudah terjaga di level rendah. Hal ini efek dari arus urbanisasi ke tempat baru yang berdampak pada kenaikan harga bahan-bahan pokok.

"(Pemindahan ibu kota) menimbulkan inflasi karena arus urbanisasi ke tempat baru naikan harga kebutuhan pokok," kata Bhima.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini