nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Renovasi Masjid Istiqlal Habiskan Rp456 Miliar, Butuh Waktu 10 Bulan

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 10:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 16 470 2056343 renovasi-masjid-istiqlal-habiskan-rp456-miliar-butuh-waktu-10-bulan-qgVsJCcLVG.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Agama menandatangani kontrak pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal di Auditorium Kementerian PUPR Jakarta.

Kontraktor yang akan melaksanakan kegiatan ini adalah PT Waskita Karya (Persero) dengan Manajemen Konstruksi oleh PT Virama Karya.

Pada acara tersebut, hadir juga perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar dan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilan.

 Baca Juga: Sampah Masjid Istiqlal Capai 1 Ton per Hari saat Ramadan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa anggaran untuk renovasi masjid Istiqlal ini sebesar Rp456 miliar. Di mana pelaksanaan renovasi masjid Istiqlal akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya selama 300 hari atau 10 bulan melalui Kontrak Tahun Jamak (2019-2020).

"Adapun lingkup kegiatan meliputi penataan ulang kawasan pada plaza dan gerbang, area dalam masjid, mihrab, koridor, ruang wudhu, toilet, perbaikan system mekanikal elektrical dan plumbing bangunan Masjid, serta renovasi sistem signage," ujarnya, Kamis (16/5/2019).

Pada saat bersamaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga sedang mengerjakan perbaikan limbah di kawasan Masjid Istiqlal.

"Semua yang ada di Masjid Istiqlal kita renovasi, tapi dengan cara bertahap tidak langsung semuanya direnovasi," tutur dia.

 Baca Juga: Sibuknya Dapur Istiqlal Sediakan 3.500 Takjil Setiap Hari Selama Ramadan

Dia menambahkan, rencana renovasi Masjid Istiqlal ini tercetus saat adanya kunjungan Perdana Menteri India, Narendra Modi, ke Masjid Istiqlal tahun lalu pada saat bulan Ramadhan. Setibanya di Masjid Istiqlal, PM Modi didampingi Presiden Joko Widodo melihat maket Masjid Istiqlal.

"Dalam kunjungan tersebut, Presiden menunjukan kepada PM Modi letak dua bangunan tersebut yang berdekatan (Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta) merupakan simbol kerukunan hidup beragama di Indonesia yang bisa terjaga dengan baik dan menjadikan Masjid Istiqlal sebagai Masjid Negara Republik Indonesia," pungkas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini