nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Komponen THR PNS yang Bikin Kantong Tebal

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 08:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 17 320 2056944 fakta-komponen-thr-pns-yang-bikin-kantong-tebal-V9ObcIpMh5.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Dalam hitungan hari, Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Jika tak ada aral melintang, kantong PNS akan tebal menerima THR pada 24 Mei 2019.

Sebab, komponen THR PNS pada tahun ini tidak mengalami perubahan. Alhasil, PNS bisa mengantongi THR yang nilainya sama dengan tahun lalu.

Berikut fakta-faktanya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Sabtu (18/5/2019):

 

1. Komponen THR PNS

Komponen THR terdiri atas gaji pokok dan beberapa tunjangan. Kepastian ini diperoleh setelah terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 58/PMK/05/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada pegawai negeri sipil, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, penerima pensiun, dan penerima tunjangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 Baca Juga: Ingat! Kepala Daerah Diminta Cairkan THR dan Gaji ke-13 PNS Tepat Waktu

2. PNS Dapat THR Satu Bulan Gaji

Dalam PMK disebutkan bahwa besaran THR mendatang sebesar satu bulan gaji PNS pada saat dua bulan sebelum Hari Raya. Bagi PNS aktif komponen THR terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

 

3. Pensiunan Juga Dapat THR

Selain itu sebagaimana tahun lalu, para pensiunan pun kembali mendapatkan THR. Di mana untuk PNS pensiun komponen THR meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan. Meski begitu ada penghasilan yang dikecualikan dalam komponen THR yaitu tunjangan bahaya, tunjangan resiko, tunjangan pengamanan, dan tunjangan profesi atau tunjangan khusus guru dan dosen atau tunjangan kehormatan.

Selain itu juga tidak termasuk tunjangan selisih penghasilan, tunjangan penghidupan luar negeri, dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi atau tunjangan bahaya serta tunjangan intensif.

 Baca Juga: Komponen THR PNS Tak Berubah: Gaji Pokok dan Tunjangan Plus-Plus

4. THR PNS Cair Paling Cepat H-10

Pencairan paling cepat dilakukan pada cepat sepuluh hari kerja sebelum Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut juga berlaku bagi pensiunan PNS.

5. Kebijakan THR Honorer Diserahkan ke Daerah

Pemerintah pusat menyerahkan kebijakan tunjangan hari raya (THR) untuk tenaga honorer kepada pemerintah daerah (pemda) masing-masing.

Pemerintah pusat tidak mengatur kebijakan THR untuk tenaga honorer. Pemerintah pusat menegaskan bahwa yang diatur berkaitan dengan THR hanya untuk aparatur sipil negara (ASN).

“Itu daerah masing-masing. Kita tidak mengatur sampai ke sana. Karena yang diatur adalah ASN,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini