nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Kesiapan Mudik, dari SPBU hingga Diskon Tarif Tol

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 06:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 18 320 2057397 fakta-kesiapan-mudik-dari-spbu-hingga-diskon-tarif-tol-D27YbU6zWH.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA – Pemerintah dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya terus mendorong kesiapan sarana dan prasarana untuk kebutuhan arus mudik dan balik Lebaran 2019. Diantaranya kesiapan jalan yang akan di lalui pemudik, khususnya jalan tol.

Sejumlah ruas jalan tol pun dipastikan dapat digunakan untuk masa libur Lebaran mendatang, ada pula yang pembangunannya dikebut untuk segera bisa digunakan. Beberapa ruas tol pun dioperasikan secara fungsional. Tak hanya itu, fasilitas SPBU, rest area, hingga diskon tarif tol pun dipersiapkan bagi para pemudik.

Berikut beberapa fakta terkait kesiapan jalan tol untuk arus mudik dan balik 2019 yang dirangkum Okezone:

1. Tol Trans Sumatera Dioperasikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PUPR) memastikan jalan tol Trans Sumatera sepanjang 503 kilometer (km) bisa digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019. Terdiri dari tol operasional sepanjang 278 km dan tol fungsional sepanjang 225 km.

Tol Operasional yakni Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km, Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km, Medan-Binjai Seksi II dan III sepanjang 10,46 km, Medan-Kualanamu -Tebing Tinggi sepanjang 62,11 km, dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa sepanjang 42,7 km.

Sementara tol fungsional yaitu Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 189 km, Kayuagung-Palembang-Betung sepanjang 33 km, dan Medan – Binjai Seksi I sepanjang 2,8 km.

Pada Jalan Tol Trans Sumatera terdapat 1 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar KM 20+700.

2. Gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama Segera Dioperasikan

Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan Kalihurip Utama segera dioperasikan pada Kamis, 23 Mei 2019 mendatang. Gerbang tol ini merupakan pengganti GT Cikarang Utama yang bebannya sudah sangat padat dan sering menyebabkan kemacetan parah.

Pembangunan GT Cikampek Utama yang berada di ruas tol Cipali Km 70 dan GT Kalihurip Utama di ruas tol Cipularang Km 67 terus dikebut agar bisa di lintasi pemudik Lebaran 2019.

GT Cikampek Utama tengah disiapkan 15 pintu masuk dan 15 pintu keluar, sedangkan di GT Kalihurip Utama dibangun 15 pintu masuk dan 17 pintu keluar.

Dengan demikian, pada arus mudik tahun ini pemudik yang menggunakan jalur tol dari arah Jakarta tidak lagi melakukan transaksi di GT Cikarang Utama. Dua gerbang itu menggantikan GT Cikarang Utama menjadi dua arus, satu di jalur Cipali atau Cikampek Utama dan satu lagi menuju Bandung.

3. SPBU di Jalan Tol Trans Jawa

Pertamina menyiapkan setidaknya 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser yang dilengkapi flowmeter dan 43 Kios Pertamina Siaga.

Selain itu, disiapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah. Dalam Serambi Pertamax ini akan disediakan layanan pijat, tempat bermain anak, dan lainnya untuk melepas Lelah.

Adapun pada jalur tol di wilayah Jawa Timur, Pertamina akan menyiapkan 11 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga di jalur tol sepanjang Surabaya - Solo. Sementara di jalur Tol Surabaya-Malang dan Surabaya-Probolinggo, juga akan disiapkan 7 SPBU dan 1 Kios Pertamina Siaga.

Baca Juga: Gerbang Tol Cikampek Utama Beroperasi 23 Mei

Sedangkan di jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik. Selain itu,juga disiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, secara kseluruhan sepanjang jalan tol dari Jakarta-Surabaya telah disiapkan sebanyak 54 SPBU besar termasuk 10 SPBU baru dan 16 SPBU sementara. SPBU sementara ini hanya beroperasi saat puncak mudik dan puncak arus balik, yaitu H-15 hingga H+15.

Selain membangun SPBU baru dan SPBU sementara, juga disiapkan fasilitas pendukung lainnya seperti 200 motorist (motor pengantar BBM), mobile storage atau kantong BBM, dan KiosK Pertamax.

4. Rest Area di Jalan Tol Trans Jawa

Rest area atau Tempat Istirahat (TI)/Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Trans Jawa disediakan sebanyak 71 unit rest area. Terdiri dari 55 rest area operasi dan 16 rest area konstruksi, yang ada di setiap jarak 20 km.

Disisi lain, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menimbau untuk masyarakat mengendalikan sampah plastik di kawasan rest area, terlebih saat disinggahi selama musim mudik Lebaran 2019.

Sebab banyak orang melakukan berbagai aktivitas dan berpotensi menimbulkan sampah yang membuat rest area menjadi tempat yang tidak nyaman.

5. Diskon Tarif Tol Diajukan Sebesar 10%

PT Jasa Marga (Persero) mengusulkan diskon tarif tol untuk mudik lebaran 2019 sebesar 10%. Diskon tarif sendiri nantinya akan berlaku secara serentak diseluruh jalan tol yang sudah operasional.

Meskipun mengusulkan agar tarif tol bisa di diskon rata-rata sebesar 10%, Jasa Marga mengakui penetapan diskon harus melalui persetujuan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya. Oleh karena itu, kepastian diskon tarif tol ini akan dibahas dalam rapat koordinasi yang akan dilakukan seluruh BUJT yang tergabung dalam Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

Baca Juga: Kena Gusur, Berapa Harga Rumah Menteri Basuki?

Sebagai salah satu contohnya saja untuk jalan Tol Trans Jawa sendiri ada beberapa BUJT yang ada didalamnya. Misalnya ada PT Jasa Marga (Persero) lalu ada PT Astra Toll Road sebagai BUJT yang memegang hak kelola jalan tol Cikampek - Palimanan (Cipali) dan juga Surabaya - Jombang.

Kemudian ada juga PT Waskita Toll Road ada jalan Tol Pejagan - Pemalang, kemudian Pemalang - Batang dan Batang Semarang. Lalu ada juga PT PP (Persero) yang memiliki beberapa saham di jalan tol Trans Jawa seperti tol Pandaan Malang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini