nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar CEO Terbaik Dunia 2019, Siapa Saja?

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 07:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 23 320 2059492 daftar-ceo-terbaik-dunia-2019-siapa-saja-rdF14HAuw9.jpg Foto CEO Shell Ben van Beurden (AFP)

JAKARTA - Sundar Pichai tak lagi menjadi Chief Executive Officer (CEO) terbaik di dunia tahun 2019. Bahkan, dalam daftar 10 besar, CEO Google ini terdepak.

Padahal pada 2018 Sundar Pichai masuk daftar CEO terbaik di dunia. Yang menjadi CEO terbaik dunia adalah Ben van Beurden yang menjabat sebagai CEO Royal Dutch Shell.

Peringkat kedua ditempati CEO Deutsche Lufthansa Carsten Spohr. Kemudian ada nama Chris Nasseta yang merupakan CEO Hilton Worldwide.

 Baca Juga: Pablo Isla, CEO Terbaik Dunia di Balik Kesuksesan Zara

CEO selanjutnya adalah David Holl yang memimpin Mary Kay. Nama Emmanuel Faber yang merupakan bos Danone juga masuk dalam daftar CEO terbaik dunia 2019.

Di peringkat selanjutnya ada CEO The Estee Lauder Companies Fabrizio Freda, kemudian CEO Dell Technologies Michael Dell. Selanjutnya ada CEO The LEGO Group Niels B Christiansen, kemudian ada CEO ING Raplh Hamers dan terakhir CEO Nintendo Shuntaro Furukawa.

"Sundar Pichai, yang dinobatkan sebagai CEO paling terkemuka di dunia tahun lalu, sama sekali tidak masuk sepuluh besar tahun ini," kata Stephen Hahn-Griffiths dari the Reputation Institute (RI) seperti dilansir Forbes, Jakarta, Kamis (23/4/2019).

RI sebuah perusahaan penyedia jasa pengukuran dan manajemen reputasi CEO. Untuk tahun kedua berturut-turut, RI telah menerbitkan Global CEO RepTrak, sebuah studi tentang reputasi CEO.

 Baca Juga: 13 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Masa Awal Bekerja, Tidak Lupa Ngobrol dengan CEO

Peringkat tahun ini mengungkapkan peningkatan dua poin rata-rata dalam reputasi CEO dunia, tren yang mencerminkan peningkatan satu poin dalam reputasi perusahaan-perusahaan dunia. Kekuatan pendorong di belakang keduanya, kata Hahn-Griffiths, adalah tanggung jawab bersama.

"Ada waktu dan tempat ketika itu cukup baik bagi para pemimpin untuk memberikan kinerja keuangan, produk baru dan agenda inovatif, tetapi paradigma itu telah berubah," katanya “Tanggung jawab sosial, tanggung jawab karyawan, dan tanggung jawab lingkungan yaitu 32% dari bobot reputasi CEO mana pun.”

CEO Royal Dutch Shell Ben van Beurden mungkin tampak sebagai kandidat yang tidak mungkin mendapat peringkat tinggi dalam daftar CEO terbaik dunia 2019. Lagi pula, tidak hanya sektor energi yang dianggap telah usang, tetapi bisnis yang dipimpin Van Beurden tidak diperhitungkan di antara yang paling terkemuka di dunia.

 Baca Juga: WOW! Bos Louis Vuitton Jadi CEO Terbaik Dunia

Sebelumnya Ben van Beurden juga mendapat gelar ini pada 2014. “Melakukan hal yang benar adalah pendorong tunggal reputasi terbesar,” kata Hahn-Griffiths.

Untuk menentukan daftar ini, RI mensurvei lebih dari 230.000 orang di 14 negara selama periode dari Januari hingga Februari 2019. Semua 140 CEO dianggap sebagai perusahaan pemimpin yang akrab dengan setidaknya 50% dari populasi umum. Para CEO itu sendiri harus terbiasa dengan setidaknya 10% dari populasi umum. Semua daftar CEO terbaik ini berdasarkan abjad.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini