Kemenhub: Pemudik Gunakan Motor Berkurang

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 03 320 2063502 kemenhub-pemudik-gunakan-motor-berkurang-Cm0fqAENCM.jpg Ilustrasi Pemudik Gunakan Motor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, hari ini melakukan video conference untuk memantau posko Lebaran 2019 di daerah-daerah yang menjadi titik kepadatan. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan kondisi arus mudik Lebaran 2019 berjalan aman.

Pada kesempatan itu, Budi Karya melakukan pengecekan pada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang ada di Balikpapan, Kalimantan dan kondisi di Cirebon, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi yang berada di Cirebon, Jawa Barat pun melaporkan situasi arus lalu lintas disana. Menurutnya, sepanjang lalu lintas di daerah Cirebon - Jakarta, jumlah pemudik dengan menggunakan motor berkurang.

"Jadi, sesuai dengan kondisi yang ada, dari Cirebon-Jakarta sepeda motor berkurang sekali. Di mana secara umum jalan dari Cirebon ke Cikampek cukup bagus," kata dia kepada Budi Karya, Senin (3/6/2019).

Baca Juga: Timbulkan Antrean di Pelabuhan Merak, Penggunaan Uang Elektronik Butuh Masa Adaptasi

Dia juga menambahkan tingkat kecelakaan pada arus mudik saat ini turut mengalami penurunan. "Kecelakan sangat turun, mudah-mudah bisa dipertahankan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang Perhubungan Kemenhub Sugihardjo yang berada Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) turut memberikan laporan. Menurutnya, jumlah penumpang dari pelabuhan yang ada di Semayang sampai pada H-2 Lebaran mencapai 40.293 orang atau naik 32% dibandingkan tahun lalu.

"Dan untuk kedatangan kapal jumlahnya 35, naik juga dibanding tahun lalu," kata Sugihardjo.

Dia juga mengatakan, adanya penurunan terhadap jumlah penumpang pada pesawat udara. "Pesawat udara turun 24% dibanding tahun lalu. Makanya enggak ada extra flight," ungkapnya.

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini