nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Maskapai Asing Terbang di RI, Menko Darmin: Untuk Turunkan Harga

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 06 Juni 2019 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 05 320 2063975 maskapai-asing-terbang-di-ri-menko-darmin-untuk-turunkan-harga-d1qmEwq8n5.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memberikan penjelasan terkait soal ide Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendatangkan maskapai asing untuk bersaing di rute penerbangan domestik. Hal tersebut karena harga tiket pesawat hingga saat ini masih tetap mahal.

"Ini idenya sebenarnya kalau struktur pasar cenderung memberikan power kekuatan agak berlebih di produsen maka jawabannya adalah undang saingan supaya dia tekan turunkan harga. Resikonya apa? Resikonya tentu maskapai penerbangan dalam negeri bisa-bisa berteriak," ujarnya di perumahan Menteri Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

Menurut Darmin, pemerintah tidak hanya berpihak pada maskapai tapi juga konsumen. Oleh karena itu, kenaikan harga tiket tidak akan terjadi setajam itu kalau pasarnya tidak duopoli.

"Jadi, semakin banyak maskapai di dalam negeri maka harga tiket diharapkan bisa tertekan turun. Dan struktur pasar duopoli, Garuda dan Lion Air. Mereka akan bisa naikkan jauh-jauh karena saingan yang ada," ungkapnya.

(Baca Selengkapnya: Maskapai Asing Terbang di RI, Harga Tiket Bisa Turun?)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini